Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Tampung II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Katiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Tampung II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Katiyo

Katiyo (2009) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Tampung II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Katiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran untuk mengembangkan pengetahuan konsep-konsep keterampilan dasar terpadu dan nilai ilmiah pada siswa serta mencintai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru-guru hanya menggunakan metode ceramah maka perlu adanya inovasi dalam pembelajaran. Melalui penerapan PKP dalam pembelajaran dapat mengajak siswa lebih aktif terlibat langsung dan saling kerjasama dengan temannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA melalui PKP 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui PKP 3) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui PKP 4) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap pembelajaran IPA melalui PKP dan 5) Mendekrisikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran IPA melalui PKP siswa kelas VI SDN Tampung II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan pada materi pokok rangkaian listrik Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Rancangan penelitian melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 24 siwa kelas VI SDN Tampung II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi Guru (APKG) postes dan pedoman wawancara. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Pada pembelajaran IPA siklus I dengan penerapan PKP kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajarn sesuai dengan RPP mencapai skor 84 4 dengan prosentase 84 4% dan sikus II mencapai skor 96 87 dengan prosentase 96 87% 2) Hasil belajar pada pra tindakan mendapat rata-rata kelas 60.42 dengan ketuntasan belajar 25% menjadi 74.16 dengan ketuntasan belajar 75% pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82.5 dengan ketuntasan belajar siswa 87.5% 3) Aktivitas Siswa pada siklus I 72 61 meningkat menjadi 82 08 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian melalui model PKP adalah guru dapat melaksanakan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat meniningkatkan aktivitas siswa mendapat tanggapan yang menarik (positif) dari guru dan mendapat tanggapan yang menyenangkan dari siswa. Penelti menyarankan kepada guru agar dapat menerapkan model embelajaranPKP pada pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar lain ataupun mata pelajaran lainnya. Alokasi waktu perlu diperhatikan agar siswa dapat berhasil mengembangkan potensi diri dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102674

Actions (login required)

View Item View Item