Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD di kelas V SDN Pasrepan I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Shinta Diah Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD di kelas V SDN Pasrepan I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Shinta Diah Damayanti

Damayanti, Shinta Diah (2009) Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD di kelas V SDN Pasrepan I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Shinta Diah Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor nilai rata-rata yang didapat siswa kelas V SDN Pasrepan I pelajaran IPA khususnya pada materi pokok Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya yang hanya mencapai nilai 65 61 jauh dari ketuntasan minimum yaitu 70. Hal ini disebabkan karena siswa terhadap materi pembelajaran IPA dan juga metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tidak sesuai serta cenderung masih menggunakan metode ceramah sehingga aktivitas siswa kurang dan siswa hanya sebagai pendengar saja. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan 1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pasrepan I pada pembelajaran IPA dengan materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya 2) meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas V SDN Pasrepan I pada pembelajaran IPA dengan materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pasrepan I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 41 anak. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh 1) hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA meningkat ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dalam kerjasama kelompok berani dalam mengutarakan pendapat dan tepat dalam menyelesaikan masalah 2) siswa dalam penguasaan konsep IPA meningkat terbukti dengan diperolehnya skor nilai rata-rata kelas mencapai 79 76 dan kriteria ketuntasan belajar mencapai 90 24%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD pada materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan bisa meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam kerja kelompok. Saran pada penelitian ini adalah guru dalam pembelajaran IPA hendaknya pandai dalam memilih metode yang tepat dan efektif sesuai dengan materi pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102672

Actions (login required)

View Item View Item