Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemmpuan mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang / Iskandar Dzulkarnain - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemmpuan mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang / Iskandar Dzulkarnain

Dzulkarnain, Iskandar (2010) Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemmpuan mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang / Iskandar Dzulkarnain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dzulkarnain Iskandar. 2009. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M. Pd. (2) Dra. Hj. Winihasih M. Pd. Kata Kunci Metode Inkuiri Mendeskripsikan Benda di Sekitar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Metode inkuiri adalah salah satu metode yang sangat menantang dan melahirkan interaksi antara yang diyakini siswa sebelumnya terhadap suatu bukti baru untuk mencapai pemahaman yang lebih baik melalui proses dan metode eksplorasi dengan mengetes gagasan baru. Dari hasil observasi di lapangan dan informasi dari wali kelas kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda di sekitar masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang mampu dalam mengembangkan materi pelajaran sehingga guru hanya mengandalkan buku cetak. Rata-rata ketuntasan belajar individu pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 60% dan belum memenuhi ketuntasan belajar individu yaitu 70%. Dari latar belakang di atas maka permasalahan yang perlu dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah merancang pembelajaran mendeskripsikan benda di sekitar (2) bagaimana implementasi pembelajaran mendeskripsikan benda di sekitar (3) bagaimana efektivitas metode inkuiri dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran bahasa Idonesia siswa kelas II. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru mulai dari perencanaan sampai dengan penilaian untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data hasil penelitian ini di analisis secara diskriptif. Tempat pelaksanaan di SDN Gondanglegi Wetan 02 Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aktivitas siswa kualitas unjuk kerja dan hasil akhir yang dicapai yaitu (1) dalam aktivitas siswa pada aspek kecermatan penguasaan meningkat 24% kecepatan unjuk kerja meningkat 43% dan kesesuaian dalam prosedur meningkat 33% (2) kuantitas unjuk kerja meningkat 19% dan (3) kualitas hasil akhir yang diperoleh meningkat13%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda di sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Untuk itu disarankan kepada guru dengan menggunakan metode inkuiri hendaknya menyiapkan kondisi pembelajaran yang dapat membuat siswa memiliki motivasi untuk menemukan sendiri fakta-fakta yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102657

Actions (login required)

View Item View Item