Peningkatan kemampuan membuat pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan kartu kalimat siswa kelas IV MIN I Malang / Adi Roeswigijanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membuat pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan kartu kalimat siswa kelas IV MIN I Malang / Adi Roeswigijanto

Roeswigijanto, Adi (2010) Peningkatan kemampuan membuat pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan kartu kalimat siswa kelas IV MIN I Malang / Adi Roeswigijanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roeswigijanto. Adi (2009) Peningkatan Kemampuan Membuat Pantun Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Permainan Kartu Kalimat Siswa Kelas IV MIN I Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Musa Sukardi M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. Kata Kunci Pantun Permainan Kartu Kalimat Pantun adalah adalah salah satu puisi lama yang terdiri dari atas empat baris tiap bait. Tiap bait pertama dan kedua merupakan sampiran baris ketiga dan keempat merupakan isi. Pola sajaknya a b a b. Selama ini metode pembelajaran pantun masih masih berdasarkan metode ceramah dengan media lembar kerja siswa sehingga siswa merasa kurang berminat dalam materi membuat pantun sehingga nilai dalam membuat pantun kurang memuaskan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan permainan kartu kalimat yang dapat meningkatkan prestasi belajar dalam menyusun pantun pada siswa kelas IV MIN I Malang 2) Apakah ada peningkatan prestasi belajar menyusun pantun setelah diterapkannya permainan kartu kalimat pada siswa kelas IV MIN I Malang . Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan penerapan permainan kartu kalimat yang dapat meningkatkan prestasi belajar menyusun pantun siswa kelas IV MIN I Malang. 2) Untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan prestasi belajar menyusun pantun setelah diterapkan permainan kartu kalimat pada siswa kelas IV MIN I Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur yang terdiri dari 1. Rencana Tindakan 2. Pelaksanaan Tindakan 3. Observasi dan Evaluasi 4. Refleksi data. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN Malang I. Instrumen penelitian adalah soal tes lembar observasi dan lembar wawancara. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan tes observasi lapangan dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi 1. Reduksi data 2. Penyajian data dan 3. Penyimpulan data. Hasil Penelitian Pra tindakan dilakukan untuk mengetahui kemampuan membuat pantun yang dilakukan siswa . Hasil tes pra tindakan diperoleh skor rata-rata kelas 48 7 ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berhasil karena rata-rata kelas masih kurang dari 75%. Hal ini disebabkan siswa masih belum terlatih untuk menyusun dan membuat pantun. Pada siklus I hasil belajar diperoleh rata-rata kelas 62 2 atau ada peningkatan 32% dari nilai pada pra tindakan Untuk nilai ketuntasan kelas masih belum terpenuhi persentase siswa yang tuntas hanya38% atau kurang dari 80 % . Oleh karena itu siklus I belum berhasil dan dilanjutkan pada siklus II. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dengan menggunakan media kartu kalimat atau pantun dengan cara siswa membuat sendiri kartu tersebut.. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II nilai rata-rata kelas 78 3 atau di atas 79% siswa telah tuntas. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 41%. Penerapan dari penggunaan permainan kartu kalimat untuk menyusun pantun dilihat dari aktivitas kreativitas peran guru dan suasana pembelajaran siswa kelas IV MIN I Malang yaitu aktivitas siswa meningkat kreativitas siswa bertambah peran guru sebagai fasilitator dan suasana pembelajaran semakin menyenangkan. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Bagi guru dalam proses belajar mengajar hendaknya guru meningkatkan teknik pengajaran bahasa Indonesia terutama pada materi menulis. 2) Bagi sekolah khususnya MIN Malang I penelitian ini semoga menjadi sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan ketrampilan berbahasa Indonesia di sekolah. 3) Bagi peneliti berikutnya agar lebih bisa mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kreatif untuk penelitian lain khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102649

Actions (login required)

View Item View Item