Peningkatan hasil dan aktivitas belajar PKn dengan menggunakan metode problem based learning bagi siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Wahyu Prasetyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil dan aktivitas belajar PKn dengan menggunakan metode problem based learning bagi siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Wahyu Prasetyanto

Prasetyanto, Wahyu (2010) Peningkatan hasil dan aktivitas belajar PKn dengan menggunakan metode problem based learning bagi siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Wahyu Prasetyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyanto Wahyu. 2009. Peningkatan Hasil dan Akivitas Belajar PKn dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning bagi Siswa Kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutarno M.Pd. (II) Muchtar S.Pd M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Belajar Hasil Belajar PKn Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn. Permasalahan tersebut antara lain (1.) guru mendominasi pelajaran (2.) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran PKn hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan cara tradisional (3.) nilai rata-rata kelas siswa pada hasil pretest 57 5 masih kurang dari kriteria yang ditentukan yaitu 80% dari jumlah siswa harus mencapai nilai 65. Dari permasalahan tersebut yang paling utama adalah hasil belajar PKn yang kurang dari standart ketuntasan. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1.) Mendeskripsikan cara penerapan metode Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang 2.) Mendeskripsikan bahwa penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat/tidak dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang 3.) Mendeskripsikan dampak penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas siswa kelas IV di SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model model Kemmis dan Taggart dalam Mahanal (2005 20) yang terdiri dari empat tahap (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang yang terdiri dari 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Namun demikian nampaknya masih diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan dalam penerapan Problem Based Learning (PBL) membutuhkan waktu yang tidak sedikit agar siswa dapat belajar dan berfikir dalam memecahkan masalah dan apabila masalah yang dikaji kurang berbobot siswa cenderung bekerja asal-asalan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengguna metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PKn perlu ditindak lanjuti oleh guru v SDN Sawahan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang karena metode Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102622

Actions (login required)

View Item View Item