Kurniasari, Afida (2009) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sains kelas V SDN Jombok 04 Ngantang Malang / Afida Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniasari Afida. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SDN Jombok 04 Ngantang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing 1) Muchtar S.Pd. M.Si. 2) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Sains HasiL Belajar. Pembelajaran yang dilakukan dalam mata pelajaran sains harusnya dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotor. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru sains kelas V di SDN Jombok 04 Ngantang pada tanggal 28 Januari 2009 ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran sains. Permasalahan tersebut antara lain (1) Pembalajaran didominasi dengan metode ceramah (2) guru sering bergantung pada buku teks (3) siswa kurang memperoleh pengalaman langsung sehingga berpikir kreatif mereka kurang dikembangkan. Oleh karena itu pada penelitian kali ini peneliti ingin mencoba untuk menangani rendahnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem based Learning dalam pembelajaran sains melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk melaksanakan pembelajaran model Problem Based Learning pada mata pelajaran sains kelas V SDN Jombok 04 Ngantang 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains siswa kelas V SDN Jombok 04 Ngantang 3) Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas V tentang pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains di SDN Jombok 04 (4) Untuk mengetahui tanggapan guru tentang pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains kelas V di SDN Jombok 04 Ngantang. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan sejak Januari 2009 sampai dengan Mei 2009. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggrat yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 59 5 Diketahui 5 siswa belum mencapai ketuntasan individual. Setelah dilakukan tindakan I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 62 7 Selanjutya dilakukan tindakan II dan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 70 8. Hal ini menunjukan sudah mencapai KKM yang ditentukan. Terbukti bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar sain kelas V SDN Jombok 04. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran sains dengan kompetensi dasar lain ataupun mata pelajaran lain dengan demikian siswa dapat melakukan pembelajaran secara langsung dan mengembangkan proses berpikirnya melalui penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102618 |
Actions (login required)
View Item |