Pemanfaatan media alami untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang / Ika Yulinar Sugihardini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media alami untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang / Ika Yulinar Sugihardini

Sugihardini, Ika Yulinar (2010) Pemanfaatan media alami untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang / Ika Yulinar Sugihardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugihardini Ika Yulinar. 2009. Pemanfaatan Media Alami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi SI PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutarno M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum Kata Kunci Pemanfaatan Media Alami Hasil Belajar IPS Berdasarkan observasi awal siswa kelas IV SDN Kebonagung II Kabupaten Malang diperoleh permasalahan yaitu metode pembelajaran yang kreatif dan bervariasi jarang digunakan komunikasi antara guru dengan siswa kurang terjalin dengan baik dan siswa cenderung pasif. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menindaklanjuti kenyataan tersebut adalah dengan menggunakan pemanfaatan media alami. Pemanfaatan Media Alami yaitu penggunaan sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitar siswa. Sumber belajar tersebut dapat membantu siswa untuk melakukan eksplorasi penemuan-penemuan pengalaman fisik dan manipulasi lingkungan yang telah diberikan oleh guru secara langsung di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pemanfaatan media alami dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang (2) untuk mengetahui pemanfaatan media alami dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung 02 Kabupaten Malang yang berjumlah 41 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dokumentasi wawancara angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pemanfaatan Media Alami dapat meningkatkan proses belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dalam memperhatikan pembelajaran ( 43 7%) mengemukakan pendapat ( 17%) mengajukan pertanyaan ( 14 3%) menjawab pertanyaan ( 45%) mengerjakan LKS (0%) bekerjasama dan berdiskusi ( 31 7%) melaporkan hasil ( 41 2%) dan menyimpulkan hasil pembelajaran ( 39%). Perolehan rata-rata tes formatif juga meningkat tajam dari rata-rata sebelumnya atau pre tes sebesar (66 04) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (74 03) juga mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar (84 07). Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu di atas (85%) sehingga siklus dihentikan. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pemanfaatan media alami dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) guru-guru hendaknya menggunakan pemanfaatan media alami terutama pada pokok bahasan sumber daya alam untuk aktivitas ekonomi karena konsep yang diperoleh siswa lebih jelas selain itu siswa memperoleh pengalaman yang nyata dalam pembelajaran (2) bagi peneliti lain diharapakan pada penelitian selanjutnya dapat lebih mngembangkan penelitiannya dan lebih baik lagi terutama dalam hal mengalokasikan waktu karena pada saat pembelajaran berlangsung membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102615

Actions (login required)

View Item View Item