Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pendekatan keterampilan proses di kelas III SDN Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Dwi Puput Ovitaningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pendekatan keterampilan proses di kelas III SDN Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Dwi Puput Ovitaningtias

Ovitaningtias, Dwi Puput (2010) Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pendekatan keterampilan proses di kelas III SDN Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Dwi Puput Ovitaningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ovitaningtias Dwi Puput. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. Kata kunci membaca cerita pendekatan keterampilan proses SD Siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya siswa kelas III diharapkan dapat memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini. Berdasarkan hasil penelitian awal tentang kemampuan membaca siswa kelas III SD khususnya di SD Negeri Senggreng 03 masih rendah. Salah satu penyebab kurang berhasilnya pembelajaran membaca ini diduga karena faktor pendekatan dan bahan ajar yang dipergunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita siswa kelas III SD (2) mendeskripsikan hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan keterampilan proses. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang yang berjumlah 23 anak dengan rincian laki-laki 9 anak dan perempuan 14 anak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi atau pengamatan tes dan hasil wawancara. Analisa data dilakukan dengan mengelompokkan data menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk data kuantitatif diperoleh dari instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca cerita siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SD Negeri Senggreng 03 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat diketahui dari ketuntasan belajar siswa mulai dari pra tindakan sebesar 34 7% siklus 1 sebesar 56 5% siklus 2 sebesar 78 3% dan tindakan siklus 3 sebesar 82 6%. Peningkatan yang diperoleh sebesar 47 9% dari pra tindakan sampai tindakan siklus 3. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca cerita siswa kelas III SD dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip keterampilan proses dan tahaptahap dalam proses membaca yakni prabaca saatbaca dan pasca baca. Disarankan kepada guru untuk menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca cerita di kelas III SD maupun di kelas yang lain. Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran membaca cerita ini merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SD sehingga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102605

Actions (login required)

View Item View Item