Cahyono, Eko Duwi (2009) Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana dengan membaca buku di perpustakaan sekolah pada kelas III SDN Sumberjo II Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro / Eko Duwi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SDN Sumberjo II kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro merupakan SD imbas. Berdasarkan observasi awal di kelas III yang dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 Desember 2008 diketahui bahwa terdapat permasalahan yang cukup kompleks pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tersebut. Secara umum dapat diidentifikasi menjadi beberapa masalah yaitu guru kurang mempersiapkan penyusunan RPP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam pembelajaran membaca bersuara di ruang kelas III terdapat 5 siswa belum bisa membedakan tanda baca guru terlalu banyak menggunakan metode ceramah guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana pada kelas III masih rendah terdapat 18 siswa yang memperoleh nilai masih di bawah 70 siswa tampak bosan belajar di kelas dan nilai rata-rata kelas pada observasi awal adalah 63 14. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dengan menugaskan siswa membaca buku di perpustakaan sekolah melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PAKEMI (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Inovatif) yang diterapkan guru dalam menulis karangan sederhana dengan menerapkan 5 aspek bahasa tulis dan menugaskan siswa membaca buku di perpustakaan sekolah dengan memberikan bimbingan membaca mempunyai berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa SDN Sumberjo II kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu mulai tanggal 15 Desember 2008 sampai tanggal 26 Desember 2008. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif tentang kemampuan menulis karangan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis karangan sederhana guru menerapkan 5 aspek bahasa tulis dengan menugaskan siswa membaca buku di perpustakaan sekolah dan memberikan bimbingan membaca dengan menggunakan metode PAKEMI dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana. Dengan demikian disarankan kepada semua guru untuk menggunakan perpustakaan sekolah sebagai tempat belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102590 |
Actions (login required)
View Item |