Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN Tamanharjo III Kec. Singosari Kab. Malang / Halimatus Sya'diah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN Tamanharjo III Kec. Singosari Kab. Malang / Halimatus Sya'diah

Sya'diah, Halimatus (2010) Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN Tamanharjo III Kec. Singosari Kab. Malang / Halimatus Sya'diah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sya Diah Halimatu. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV SDN Tamanharjo III Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra.Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (2) Dra. Ratna Trieka Agustina M.Pd. Kata kunci surat pribadi pendekatan keterampilan proses Surat sebagai alat komunikasi yang menggunakan bahasa tulisan di atas selembar kertas pada era modern ini mengalami kemajuan. Adanya alat canggih seperti komputer dan telepon genggam sangat mempengaruhi cara berkomunikasi siswa. Walaupun begitu penguasaan gaya bahasa kalimat dan pola pengembangan paragraf masih sangat dibutuhkan dengan ide gagasan dan perasaan dapat dipahami oleh pembaca. Berkomunikasi dengan surat pribadi harus dapat ditingkatkan oleh peserta didik supaya keterampilan menulis semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut (1). Aktivitas siswa kelas IV SDN Tamanharjo III Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan ketrampilan proses a)Bagaimana aktivitas pra menulis dalam pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi b)Bagaimana aktivitas pemburaman dalam pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi c)Bagaimana aktivitas perbaikan dalam pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi d)Bagaimana aktivitas penyuntingan dalam pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi e)Bagaimana aktivitas publikasi dalam pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi Secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1). Mendeskripsikan penerapan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN Tamanharjo III Kecamatan Singosari Kabupaten Malang .a) Mendeskripsikan aktivitas pra menulis siswa dalam menulis surat pribadi. b) Mendeskripsikan aktivitas pemburaman siswa dalam menulis surat pribadi. c) Mendeskripsikan aktivitas perbaikan siswa dalam menulis surat pribadi. d) Mendeskripsikan aktivitas penyuntingan siswa dalam menulis surat pribadi. e) Mendeskripsikan aktivitas publikasi siswa dalam menulis surat pribadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pelaksanaan PTK dilakukan dari siklus I sampai siklus n. Setiap tindakan menggunakan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan tes kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi serta kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan adalah aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan keterampilan peserta didik dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses. Aktivitas menulis surat pribadi pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 66 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 68. Total peningkatan sebesar 2%. Kemampuan menulis surat pribadi pada pra tindakan mendapatkan nilai akhir 58 kemudian pada siklus I mendapatkan nilai 69 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79. Total peningkatan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses sebesar 21%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis surat pribadi yang dilakukan pada pra tindakan sampai tindakan siklus n mengalami peningkatan yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses. Saran 1) Bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pijakan untuk memberikan materi dan metode yang lebih baik dalam membelajarkan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses. Hasil penelitian juga berguna bagi peningkatan kinerja guru dalam meningkatkan kemampuan mengajarkan keterampilan menulis pada peserta didiknya.2) Bagi siswa penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi serta kemampuan siswa dalam kegiatan menulis khususnya menulis surat pribadi. 3) Bagi peneliti hasil penelitian dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan memperoleh pengalaman praktis tentang kegiatan penelitian serta mengaplikasikan bagi peningkatan mutu pendidikan Bahasa Indonesia terutama yang berkaitan dengan materi penulisan surat pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102585

Actions (login required)

View Item View Item