Permainan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN Ngajum 05 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang / Siti Sarofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN Ngajum 05 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang / Siti Sarofah

Sarofah, Siti (2010) Permainan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN Ngajum 05 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang / Siti Sarofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sarofah Siti. 2009. Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas 1 SDN Ngajum 05 kecamatan Ngajum kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I. Wayan Sutama M.Pd. (2) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci Permainan Kartu Huruf Membaca Nyaring SD Siswa Sekolah Dasar diharapkan dapat menguasai kemampuan membaca. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa SD dalam mempelajari semua mata pelajaran yang lain. Pada siswa kelas 1 kemampuan membaca yang harus dikuasai adalah membaca permulaan dengan disuarakan. Berdasarkan hasil observasi kemampuan membaca di kelas 1 SDN Ngajum 05 kecamatan Ngajum kabupaten Malang mengalami permasalahan diantaranya yaitu 3 siswa tidak dapat membedakan huruf yang bentuknya sama dan tidak dapat melafalkan huruf diftong 12 siswa membacanya masih mengeja. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah metode pembelajaran membaca di kelas 1 kurang bervariasi dan 3 siswa tidak dari TK. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media berupa kartu huruf yang disimulasikan dalam bentuk permainan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan permainan kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngajum 05 kecamatan Ngajum kabupaten Malang. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 26 orang. Prosedur pengumpulan datanya antara lain dengan mengadakan observasi mengadakan wawancara dan pembuatan dokumen yang berupa foto pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu huruf. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu huruf pada pembelajaran membaca nyaring di kelas 1 dapat memudahkan siswa dalam memahami simbol bunyi berupa huruf yang disusun menjadi kata kata menjadi kalimat sederhana. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai proses membaca nyaring tiap siswa dan rata-rata kelas yang cenderung naik. Disarankan kepada guru agar lebih kreatif lagi dalam merancang sebuah permainan dengan menggunakan media kartu huruf tidak hanya permainan yang dimainkan tiap individu tetapi juga kelompok. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih termotivasi lagi dalam belajar membaca dan juga pembelajaran menjadi lebih aktif kreatif efektif dan menyenangkan dan juga penyediaan media pembelajaran harus diperhitungkan sehingga pembelajaran dapat berjalan seperti yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102574

Actions (login required)

View Item View Item