Mengintegrasikan pendidikan seni budaya dan keterampilan dengan pelajaran lain pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Gadang 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Lucia Tjahja Darmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengintegrasikan pendidikan seni budaya dan keterampilan dengan pelajaran lain pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Gadang 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Lucia Tjahja Darmawati

Darmawati, Lucia Tjahja (2010) Mengintegrasikan pendidikan seni budaya dan keterampilan dengan pelajaran lain pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Gadang 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Lucia Tjahja Darmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A B S T R A K Darmawati L. Tjahja. 2009. Mengintegrasikan Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan dengan Pelajaran Lain Pada Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Minat dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gadang 2 Kecamatan Sukun Kota Malang Tahun Pelajaran 2007-2008. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Drs. Abdul Huda. Kata Kunci Mengintegrasikan Seni Budaya dan Keterampilan Pembelajaran Tematik Meningkatkan Minat Keaktifan Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan keaktifan belajar siswa kelas II SDN Gadang 2 terhadap pelajaran. Rendahnya pemahaman siswa terhadap minat dan keaktifan belajar dimungkinkan oleh faktor penyajian dalam pembelajaran metode mengajar dan penggunaan media yang kuran tepat. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dengan mengintegrasikan pendidikan Seni Budaya dan Ketrampilan (2) mengetahui penggunaan pengintegrasian SBK pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Data penelitian diperoleh dari observasi wawancara dan dari hasil tes siklus I-III. Sumber data adalah siswa kelas II SDN Gadang 2. Subyek penelitian berjumlah 28 siswa. Jika ada siswa yang belum mencapai ketuntasan pada siklus awal maka diberi remidi bahkan layanan khusus sampai berhasil mencapai ketuntasan individu dengan nilai 71 dan ketuntasan klasikal mencapai 93% dari jumlah siswa. Dalam pembelajaran tematik peneliti menggunakan model pembelajaran PAKEM mengintegrasikan Seni Budaya dan Ketrampilan metode bervariasi benda konkrit yang dekat dengan lingkungan siswa. Hasil dari penelitian ini (1) pembelajaran yang mengintegrasikan Seni Budaya dan Ketrampilan dengan pelajaran lain pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias dan aktif bernyanyi bersyair mengerjakan menggunting melipat dan menempel (M3). Berani mengerjakan soal di papan tulis senang berdiskusi komunikasi siswa berjalan dan baik (2) pengintegrasian Seni Budaya dan Ketrampilan dengan pelajaran lain dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa. Peningkatannya nampak dari hasil pre tes rata-rata 56 50 siklus I 68 42 siklus II 74 75 dan siklus III meningkat menjadi 80 70. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian guru dalam pembelajaran hendaknya (1) mengintegrasikan SBK yang dekat dengan lingkungan siswa (2) trampil dan kreatif mendesain dan membuat media yang berupa tiruan benda konkrit maupun gambar (3) dalam pembelajaran hendaknya semua siswa dilibatkan agar minat dan keaktifannya meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102542

Actions (login required)

View Item View Item