Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Setianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Setianingsih

Setianingsih (2010) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Setianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setianingsih 2008. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( ). Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (II). Drs. A. Badawi M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Lingkungan Sumber Belajar IPS Sekolah Dasar. Pendidikan di katakan berhasil apabila mampu menciptakan siswa yang kreaktif serius secara optimal. Untuk menumbuhkembangkan potensi yang di miliki siswa. Dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat membawa siswa pada situasi hidup yang sebenarnya di masyarakat. Lingkungan pendidikan merupakan sumber pengetahuan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Dengan meningkatkan lingkungan akan menghasilkan pada beberapa masalah yaitu Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sumberanyar III. Tujuan dalam pembelajaran ini dapat mendeskripsikan hambatan yang di hadapi guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber daya alam dan persebarannya dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Manfaat ini sebagai bahan masukkan untuk menetapkan kebijakkan dalam upaya perbaikan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan sebagai tempat di mana bahan pembelajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang. Melalui sumber belajar perlu di perhatikan untuk menumbuhkan kesadaran pada diri guru akan pentingnya mengupaya siswa agar dapat belajar bukan hanya efektif akan tetapi menyenangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek 21 orang siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 5 siswa perempuan di SDN Sumberanyar III Kecamatan Nguling Kabupaten pasuruan teknik yang di gunakkan dalam suatu pengamatan untuk memperoleh gambaran secara jelas dan akan menghasilkan data secara deskriptif Dari hasil penelitian tentang pembelajaran IPS Di kelas 1V SDN Sumberanyar III Pelaksanaan pembelajarannya menunjukkan bahwa langkah-langkah yang di lakukan guru terdiri dari membuka pelajaran Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup. Pesentase rata-rata keberhasilan yang dicapai siswa dalam pratindakan 48 57% siklus 1 63 81% siklus II 70 48%. Hasil pemahaman konsep siswa meningkat baik dari rata-rata nilai kelas maupun dari presentasenya. Sehingga dapat di katakan pembelajaran lingkungan baik di terapkan dalam pembelajaran IPS di SD khususnya materi sumber daya alam dan persebarannya. Dari hasil penelitian dapat di sarankan hal-hal I). Dalam peningkatkan lingkungan hendaknya guru lebih memperbanyak informasi yang dapat menambah pengetahuan dan pengetahuan siswa 2). Kepada kepala sekolah memberikan arahan dengan dukungan terhadap program kerja guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102540

Actions (login required)

View Item View Item