Kemampuan mengapresiasi unsur-unsur intrinsik dongeng pada siswa kelas V SDN Ngaglik 01 Batu tahun pelajaran 2008-2009 / Ida Ayu Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan mengapresiasi unsur-unsur intrinsik dongeng pada siswa kelas V SDN Ngaglik 01 Batu tahun pelajaran 2008-2009 / Ida Ayu Savitri

Savitri, Ida Ayu (2010) Kemampuan mengapresiasi unsur-unsur intrinsik dongeng pada siswa kelas V SDN Ngaglik 01 Batu tahun pelajaran 2008-2009 / Ida Ayu Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Savitri Ida Ayu. 2008. Kemampuan Mengapresiasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng Pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngaglik 01 Batu Tahun Pelajaran 2008-2009.Skripsi Jurusan KSDP FIP-Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Musa Sukardi M.Pd (II) Dra. Hj. Winihasih M.Pd. Kata Kunci Apresiasi unsur-unsur intrinsik dongeng. Berdasarkan Kurikulum Standar Isi Bahasa Indonesia 2006 pembelajaran apresiasi khususnya pembelajaran apresiasi dongeng diarahkan pada proses pemerolehan pengalaman apresiasi dongeng agar siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian memperluas wawasan kehidupan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Agar dongeng dapat memenuhi tuntutan Kurikulum diharapkan siswa mampu mengapresiasi dongeng tersebut melalui unsur-unsur intrinsiknya. Timbullah masalah bagaimana menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam dongeng agar siswa mampu mengapresiasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif kemampuan mengapresiasi tokoh perwatakan latar amanat cerita dongeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi. Populasi siswa kelas V SD Negeri Ngaglik 01 Batu tahun pelajaran 2008-2009 sejumlah 74 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sejumlah 35 siswa yang diambil dengan cara acak terbatas melalui undian kelas A dan kelas B. Data diperoleh dengan cara melaksanakan tes. Soal tes terdiri atas 13 butir soal berbentuk uraian atau essai. Analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil persentase kemampuan mengapresiasi tersebut selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk menetapkan tingkat kemampuan mengapresiasi siswa dengan berpedoman pada kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) 33 siswa (95%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi tokoh dalam dongeng tergolong baik 2 siswa (5%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi tokoh dalam dongeng tergolong kurang (2) 20 siswa (57%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi perwatakan tokoh dalam dongeng tergolong baik 10 siswa (29%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi perwatakan tokoh dalam dongeng tergolong cukup 5 siswa (14%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi perwatakan tokoh dalam dongeng tergolong kurang (3) 29 siswa (83%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi latar dalam dongeng tergolong baik 6 siswa (17%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi latar dalam dongeng tergolong kurang (4) 26 siswa (74%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi amanat dalam dongeng tergolong baik 9 siswa (26%) mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi amanat dalam dongeng tergolong kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara secara keseluruhan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Ngaglik 01 Batu mengapresiasi unsur-unsur intrinsik dongeng siswa kelas siswa kelas V SD Negeri Ngaglik 01 Batu tahun pelajaran 2008-2009 terdiri atas 97% siswa mempunyai kemampuan baik sedangkan 3% siswa mempunyai kemampuan kurang. Dari hasil penelitian dapat disarankan (1) agar pembelajaran apresiasi dongeng tidak hanya mendengarkan cerita guru dan membaca tetapi menggunakan multimedia (2) agar dijadikan masukan untuk meremidi siswa yang mempunyai kemampuan dalam mengapresiasi dongeng yang tergolong kurang (3) agar Kepala Sekolah memacu dan memotivasi guru untuk mengajarkan secara intensif kepada siswa berdasarkan tingkat kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102536

Actions (login required)

View Item View Item