Penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada IPS pokok bahasan hubungan kenampakan alam, sosial dan budaya, serta gejalanya di SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sitti Safiah Rumakey - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada IPS pokok bahasan hubungan kenampakan alam, sosial dan budaya, serta gejalanya di SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sitti Safiah Rumakey

Rumakey, Sitti Safiah (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada IPS pokok bahasan hubungan kenampakan alam, sosial dan budaya, serta gejalanya di SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sitti Safiah Rumakey. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat serta luasnya materi pelajaran IPS di sekolah dasar seringkali siswa merasa kesulitan bahkan pada umumnya nilai mata pelajaran IPS kurang memuaskan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata tes standarisasi UTS semester I tahun 2008-2009 SDN Gambirkuning siswa kelas IV adalah 50. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan cara konvensional/ceramah kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru sehingga kebersamaan dan kerjasama siswa kurang diterapkan.Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran kooperaif jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam IPS pokok bahasan hubungan kenampakan alam sosial dan budaya serta gejalanya (2) mengetahui apakah pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambirkuning kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan pada IPS pokok bahasan hubungan kenampakan alam sosial dan budaya serta gejalanya. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah guru lebih menambah wawasan pengetahuan dan kemampuannya dalam menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan dalam praktik pendidikan sehari-hari di kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa dan guru kelas IV SDN gambirkuning Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambirkuning kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 70.54 menjadi 88.04 setelah menerapkan pembelajaran kooperatif jigsaw. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran IPS dengan materi hubungan kenampakan alam sosial dan budaya serta gejalanya pada siklus I belum mencapai target yang diinginkan karena siswa belum memahami materi dengan baik kerjasama dalam kelompok belum tampak dan juga interaksi antara siswa dengan guru siswa dengan siswa belum tampak Pada siklus II pembelajaran kooperatif jigsaw sudah mencapai target yang diinginkan yaitu siswa sudah memahami materi dengan baik kerjasama dalam kelompok sudah terlihat baik dan interaksi antara siswa dengan guru siswa dengan siswa sudah tampak sesuai dengan lima unsur yang terdapat dalam model pembelajaran kooperatif jigsaw penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambirkuning kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan. Saran pada penelitian ini adalah Sebaiknya guru hendaknya mengikuti perkembangan zaman dan kreativitas dalam inovasi pembelajaran yang menunjang mutu pendidikan bagi peneliti lain hendaknya lebih kritis dan tanggap terhadap berbagai permasalahan dan pembaharuan dalam dunia pendidikan semoga pembelajaran kooperatif jigsaw yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada penelitian-penelitian lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102515

Actions (login required)

View Item View Item