Peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan model pembelaran bermain peran pada siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Wajahudin Arey - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan model pembelaran bermain peran pada siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Wajahudin Arey

Arey, Wajahudin (2009) Peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan model pembelaran bermain peran pada siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Wajahudin Arey. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah-masalah yang ditemukan di SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan di atas cukup kompleks yaitu 1) kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah sangat jarang dilakukan dengan praktekum atau demonstrasi karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah tersebut dan 2) kemampuan siswa masih rendah. Salah satu indikator yang menunjukan kemampuan berpikir masih rendah tersebut adalah siswa jarang menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru dan merasa takut pada saat mau memberikan tanggapan atau pendapat atas masalah yang diajukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan pada pokok bahasan pembelajaran sistem pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran (role-playing) dan mengetahui hasil belajar PKn pokok bahasan sistem pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi setelah menerapkan model pembelajaran bermain peran. Adapun Manfaat dari penelitian ini adalah Siswa lebih aktif kreatif dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya serta akan memperdayakan kemampuan berpikirnya dan Guru lebih profesional dalam menjalankan tugas mengajar untuk merangsang minat siswa dan melibatkannya secara utuh dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Selotambak kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 80 atau 24 38% setelah digunakan model pembelajaran bermain peran. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan masih perlu ditingkatkan lagi melalui upaya-upaya yang terencana dan berkesinambungan. Hasil penelitian ini akan dijadikan landasan bagi peneliti lain untuk peneliti sejenis yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102477

Actions (login required)

View Item View Item