Penerapan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi dengan tema benda alam pada siswa kelas IV SD Islam Kota Blitar Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Danan Kholid Sahaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi dengan tema benda alam pada siswa kelas IV SD Islam Kota Blitar Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Danan Kholid Sahaka

Sahaka, Danan Kholid (2009) Penerapan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi dengan tema benda alam pada siswa kelas IV SD Islam Kota Blitar Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Danan Kholid Sahaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sahaka Kholid Danan. 2008. Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggambar Ilustrasi Dengan Tema Benda Alam Pada Siswa Kelas IV SD Islam Kota Blitar Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Drs. Usep Kustiawan M.Sn ( II ) Drs. Sumanto M. Pd Kata Kunci Inkuiri kemampuan siswa gambar ilustrasi benda alam Pendekatan Inkuiri adalah suatu proses penemuan dan penyelidikan masalah-masalah menyusun hipotesa merencanakan eksperimen mengumpulkan data dan menarik kesimpulan tentang hasil pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi dengan tema benda alam pada siswa kelas IV SD Islam Kota Blitar kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Kota Blitar. Instrumen pengumpulan data adalah observasi angket dan nilai hasil karya siswa. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan siswa menggambar ilustrasi dengan tema benda alam dari 88 5% pada siklus I meningkat menjadi 93 2% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa dengan penerapan pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar ilustrasi dengan tema benda alam pada siswa kelas IV di SD Islam Kota Blitar. Selanjutnya diharapkan guru dalam pembelajaran menerapkan pendekatan inkuiri untuk meningkatan kualitas pembelajaran baik mata pelajaran SBK atau yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102460

Actions (login required)

View Item View Item