Peningkatan kemampuan menulis lanjut deskripsi bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi V Blimbing Malang / Siti Suyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis lanjut deskripsi bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi V Blimbing Malang / Siti Suyati

Suyati, Siti (2010) Peningkatan kemampuan menulis lanjut deskripsi bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi V Blimbing Malang / Siti Suyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyati Siti 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Lanjut Deskripsi Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV SDN Pandanwangi V. Skripsi Jurusan KSDP SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (l) Dra.Wiwik Dwi Hastuti M Pd . (2) Dr. H. Sa dun Akbar MPd. Kata kunci Peningkatan Menulis Lanjut Deskripsi Pendekatan Kontekstual Bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi bagi bangsa Indonesia dan di sekolah dasar adalah wahana untuk mengembangkan dan melestarikan bahasa sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis lanjut deskripsi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2007/2008 Semester I di SDN Pandanwangi V Blimbing Malang. Persepsi dari pembelajaran ini merupakan hasil ketepatan isi dan kebahasaan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa Kelas IV SDN Pandanwangi V Blimbing Malang Semester I Tahun Pelajaran 2007/2008 (2) apakah terdapat peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas IV setelah penerapan pendekatan kontekstual diterapkan. Ruang lingkup penelitian ini untuk membahas tentang peningkatan kemampuan menulis lanjut deskripsi dengan menerapkan pendekatan kontekstual pada siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara profesional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pandanwangi V Blimbing Malang pada siswa Kelas IV jumlah siswa 30 anak yang dikelompokkan menjadi enam kelompok kelompok A dan B adalah kelompok berkemampuan rendah kelompok C dan D adalah kelompok berkemampuan sedang dan kelompok E dan F adalah kelompok berkemampuan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan baik dari segi aspek isi maupun kebahasaan. Hasil siklus I menunjukkan jumlah prosentase yang semakin meningkat dari tahap Pra Tindakan. Dalam hal ini rata-rata tiap siswa mengalami peningkatan 16% - 38% dan dari siklus I ke II tiap-tiap siswa mengalami peningkatan 16% - 32%. Berdasar penjelasan di atas disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa Kelas IV SDN Pandanwangi V Blimbing Malang untuk saran yang dapat disampaikan adalah adanya pengembangan lebih lanjut terhadap penelitian ini sekaligus diimplementasikan hasil penelitian ini terhadap mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102458

Actions (login required)

View Item View Item