Hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS bidang studi sejarah kelas IV di SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Pudji Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS bidang studi sejarah kelas IV di SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Pudji Ratnawati

Pudji Ratnawati (2010) Hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS bidang studi sejarah kelas IV di SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Pudji Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan pandangan pendidikan seumur hidup maka pendidikan anak yang paling utama adalah berada pada lingkungan keluarga sebab kehidupan anak yang paling banyak berada pada lingkungan keluarga. Pada lembaga formal pendidikan yang diberikan kepada anak sangatlah terbatas. Oleh karena itu ling-kungan keluarga merupakan tempat berkembangnya anak yang paling baik. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Sejarah kelas IV di SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah disampaikan maka metode penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan jenis metode penelitian korelasional. Berdasarkan analisa data maka dapat diketahui bahwa ada hubungan perhatian antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS bidang studi Sejarah kelas IV di SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tahun pelajaran 2006/2007. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam perkembangan anak hingga remaja maka diperlukan bimbingan untuk belajar baik belajar di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga. Bimbingan bagi anak merupakan suatu kebutuhan karena Bimbingan adalah suatu proses yang dilakukan terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapi (Djumhur dan Surya 1975 26). Dari hasil pengolahan data yang telah dianalisa dengan product moment antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa bidang Sejarah kelas IV SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Diperoleh rh 0 659 dengan kata lain terhitung dengan N 20 diperoleh angka 0 659. Sedangkan dari tabel r product moment dengan taraf signifikan 5% N 20 diperoleh angka sebesar 0 444. angka ini menunjukkan batas signifikan sedangkan r hitung diperoleh 0 659 berada di atas taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil analisa data tersebut maka hipotesa kerja diterima dan hipotesa nihil ditolak. Dengan demikian maka ada hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS bidang studi Sejarah kelas IV SDN Tulusrejo III Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tahun ajaran 2006/2007. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orangtua untuk memberikan perhatian terhadap prestasi belajar di rumah mata pelajaran IPS bidang studi Sejarah memberikan saran dan pengawasan selama siswa berada di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102432

Actions (login required)

View Item View Item