Hubungan persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas VI semester II PPKn di SDN Bunulrejo II kecamatan Blimbing Kota Malang tahun pelajaran 2005-2006 / oleh Sudarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas VI semester II PPKn di SDN Bunulrejo II kecamatan Blimbing Kota Malang tahun pelajaran 2005-2006 / oleh Sudarno

Sudarno (2010) Hubungan persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas VI semester II PPKn di SDN Bunulrejo II kecamatan Blimbing Kota Malang tahun pelajaran 2005-2006 / oleh Sudarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berlaku pada budaya bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas VI/A tahun pelajaran 2005-2006 pada semester II di SDN Bunulrejo II Kecamatan Blimbing Kota Malang. Persepsi pembelajaran ini merupakan bentuk dari kombinasi komponen sistem pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap pola pembelajaran untuk mata pelajaran PPKn kelas VI/A semester II tahun Pelajaran 2005-2006 di SDN Bunulrejo II Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) Bagaimana pretasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn (3) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa Ruang lingkup penelitian ini untuk membahas tentang hubungan antara persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampel. Teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah menyebarkan angket/kuensioner dan dokumentasi. Untuk mengetahui gambaran data yang dihasilkan dari penelitian yang telah dilakukan maka digunakan analisis product moment. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa digunakan analisa korelasi. Analisa korelasi pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variable X (persepsi pembelajaran) dengan Variabel Y ( prestasi belajar siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn kelas VI /A Tahun pelajaran 2005-2006 pada semester II di SDN Bunulrejo II Kecamatan Blimbing Kota Malang meliputi pesan guru buku paket buku penunjang media teknik individual teknik kelompok teknik klasikal dan evaluasi. Prestasi belajar belajar siswa menunjukkan nilai pretasi yang cukup baik dengan nilai rata-rata 78. Berdasarkan uji hepotesis hasil pemahaman siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran PPKn yang dirasakan dan dilakukan di ketahui ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pola pembelajaran dengan prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0 635. Penelitian ini menyarankan (1) Bagi orang tua hendaknya mengontrol prilaku putra putrinya ketika bermain atau belajar di rumah. (2) Untuk para guru agar memaksimalkan fungsinya untuk mendidik dan mengarahkan siswanya agar tidak terjerumus terhadap pengaruh negatif yang banyak kita jumpai di sekitar kita. (3) Untuk penelitian selanjutnya bisa dilakukan penelitian yang komperhensif dengan lebih memperluas variabel-variabel yang terlibat dengan indikator-indikator yang lebih spesifik. (4) Bagi masyarakat hendaknya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan sebagai gangguan pada proses belajar mengajar dan perkembangan anak melainkan dapat dipakai sebagai wahana dan modernesasi sitem pendidikansecara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102420

Actions (login required)

View Item View Item