Rahmasari, Fahima (2019) Pengembangan media animasi berbasis augmented reality tema alat transportasi pada kemampuan berhitung 1-10 untuk usia 4-5 tahun di TK Al-Fadholi Kota Malang / Fahima Rahmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahmasari Fahima. 2019. Pengembangan Media Animasi Berbasis Augmented Reality Tema Alat Transportasi Pada Kemampuan Berhitung 1-10 Untuk Usia 4-5 Tahun Di TK Al-Fadholi Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Usep Kustiawan M.Sn (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd Kata Kunci Anak usia dini media animasi augmented reality kemampuan berhitung Media pembelajaran sangat diperlukan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak. Penggunaan media dilakukan agar anak tertarik minat dan perhatiannya menstimulasi pikiran dan perasaan pada kegiatan pembelajaran. Media animasi berbasis augmented reality merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Peneliti menggunakan media tersebut sebagai bahan untuk penelitian di TK Al-Fadholi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan memvalidasi media pembelajaran yang mampu membantu meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A (usia 4-5 tahun). Produk ini diharapkan mampu memeberikan stimulus kemampuan anak dalam berhitung 1-10 serta menciptakan media yang menarik mudah dan aman bagi anak yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi pada masa kini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg Gall. Tahap-tahap yang dilalui dalam penelitian antara lain 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) uji coba awal 5) revisi produk 6) uji coba lapangan 7) revisi produk. Uji coba kelompok kecil dilakukan dengan menggunakan subyek 10 anak dan uji lapangan menggunakan subyek 54 anak. Hasil validasi ahli media pembelajaran anak usia dini jumlah skor yang diperoleh sebesar 79% dan hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi adalah sebesar 81%. Dengan demikian diketahui bahwa produk yang dikembangkan berada pada kriteria presentase 70 01% - 85 00%. Data uji kelompok kecil dengan aspek efektif efisien dan menarik pada media yang dikembangkan berada pada tingkat persentase 85 01%-100 00%. Uji kelompok besar dengan aspek efektif efisien dan menarik pada media yang dikembangkan berada pada tingkat persentase 85 01%-100 00%. Pengembangan media animasi berbasis augmanted reality dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Saran untuk pengembangan selanjutnya agar media animasi yang dikembangkan lebih bervariatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102388 |
Actions (login required)
View Item |