Hawa, Bai'datulani (2019) Peningkatan kemampuan keaksaraan anak melalui permainan teka-teki huruf pada kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Blitar / Bai'datulani Hawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Hawa Bai datul Ani. 2019. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Permainan Teka-Teki Huruf Pada Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Evania Yafie S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Keaksaraan Permainan Teka-Teki Huruf Kelompok B Penelitian ini didasari oleh permasalahan-permasalahan yang terkait dengan kemampuan keaksaraan anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kota Blitar yang belum teroptimalkan sesuai tahapan usianya. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik untuk anak dan belum sesuai dengan prinsip belajar anak yaitu belajar melalui bermain. Pembelajaraan keaksaraan yang dilaksanakan di sekolah sering menggunakan LK buku membaca dan menulis di papan tulis sehingga anak menjadi kurang aktif antusias dan tertarik dalam mengel keaksaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan teka-teki huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kota Blitar yang kedua apakah permainan teka-teki huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kota Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemis dan Taggart dari siklus satu ke siklus lainnya. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kota Blitar dengan jumlah 17 anak. Sumber data yaitu dari anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah anak belajar melalui permainan teka-teki huruf kemampuan keaksaraan anak mengalami peningkatan. Anak yang kondisi awalnya kurang memperhatikan pembelajaran menjadi antusias bersemangat dan ceria saat mengikuti pembelajaran menggunakan permainan teka-teki huruf. Kemampuan keaksaraan anak juga semakin meningkat dari kondisi awal anak yang belum dapat menyebutkan huruf alfabet dengan tepat mengenal bunyi huruf awal nama benda mengalami perubahan dan peningkatan melalui permainan teka-teki huruf. Hal ini terlihat dari ketercapaian kelas anak dari pratindakan sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pratindakan 35% siklus I 65% dan siklus II 83%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan teka-teki huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Kota Blitar. Melihat keberhasilan ini disarankan kepada guru agar menerapkan permainan teka-teki huruf. Kepada peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan permainan ini dan menambahkan inovasi agar lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102375 |
Actions (login required)
View Item |