Khoirunnisa' (2019) Peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri melalui kegiatan meronce geometri pada kelompok A1 di TA PKK Al Fath Malang / Khoirunnisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Khoirunnisa . 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Meronce Geometri Pada Kelompok A1 Di TA PKK Al Fath Malang. Skripsi S1 Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Tumardi M.Pd. (II) Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas S.Psi. M.Pd. Kata Kunci Konsep Bentuk Geometri Kegiatan Meronce Geometri Kelompok A1 Pemahaman konsep bentuk geometri merupakan penerapan bentuk lingkaran segitiga dan segiempat. Berdasarkan hasil observasi pratindakan di TA PKK Al Fath Malang diketahui bahwa tindak pembelajaran guru masih menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada guru pembelajaran tentang pemahaman konsep bentuk geometri anak kelompok A1 dilakukan dengan buku paket dan keterbatasan media dalam pemahaman konsep bentuk geometri. Hal tersebut membuat anak mudah jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran terdapat anak yang berbicara dan bermain bersama teman-temannya yang lain. Kemudian peneliti menerapkan tindak pembelajaran guru melalui kegiatan meronce geometri agar pembelajaran tentang pemahaman konsep bentuk geometri menjadi lebih efektif efisien dan menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang menghasilkan keefektifan keefisienan dan kemenarikan pembelajaran melalui kegiatan meronce geometri serta mengidentifikasi pemahaman anak tentang konsep bentuk geometri pada kelompok A1 di TA PKK Al Fath Malang meningkatkan hasil belajar anak tentang pemahaman konsep bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data catatan lapangan dan data wawancara sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data capaian belajar dan data kemenarikan pembelajaran. Langkah-langkah yang dilakukan dalam proses kegiatan meronce geometri terdiri dari menyiapkan alat dan bahan mengamati lingkungan pelaksanaan kegiatan meronce geometri memberikan penjelasan menyebutkan bentuk geometri menunjukkan bentuk geometri serta mengklasifikasikan geometri berdasarkan bentuk dan warna dan merangkai bentuk geometri. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan tindak pembelajaran guru yang diterapkan melalui kegiatan meronce geometri pada kelompok A1 TA PKK Al Fath Malang melalui kegiatan menyebutkan bentuk geometri menunjukkan bentuk geometri dan mengklasifikasikan geometri menghasilkan keefektifan pembelajaran keefisienan pembelajaran dan kemenarikan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102370 |
Actions (login required)
View Item |