Hubungan antara persepsi beban kerja dengan psychological well being pada relawan PMI Kota Malang / Ajinta Esthiwara - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi beban kerja dengan psychological well being pada relawan PMI Kota Malang / Ajinta Esthiwara

Esthiwara, Ajinta (2018) Hubungan antara persepsi beban kerja dengan psychological well being pada relawan PMI Kota Malang / Ajinta Esthiwara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Esthiwara Ajinta. 2018. Hubungan Persepsi Beban Kerja dengan Psychological Well-Being Pada Relawan PMI Kota Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi M.Si (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi Kata Kunci persepsi beban kerja psychological well being Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) deskripsi persepsi beban kerja relawan PMI Kota Malang 2) tingkat psychological well-being relawan PMI Kota Malang dan 3) mengetahui hubungan persepsi beban kerja dengan psychological well-being pada relawan PMI Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Variabel pada penelitian ini terdiri dari persepsi beban kerja dan psychological well-being. Subjek penelitian yang digunakan adalah 40 relawan terdapat 33 skala yang kembali dan 7 skala penelitian yang tidak kembali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala persepsi beban kerja sebanyak 28 aitem dengan reliabilitas 0 854 dan skala psychological well-being sebanyak 49 aitem dengan reliabiitas 0 923. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi (p) sebesar 0 000 (p 0 000 0 05) dengan nilai korelasi pearson Rxy sebesar -0 850 dengan keputusan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi beban kerja yang dimiliki oleh relawan lebih dari sebagian termasuk dalam kategori rendah. 2) psychological well-being yang dimiliki relawan PMI Kota Malang lebih dari sebagian berada pada kategori tinggi. 3) persepsi beban kerja memiliki hubungan yang negatif dengan psychological well-being. Saran yang dapat penulis berikan dari hasil penelitian ini adalah A) bagi organisasi PMI Kota Malang membuat pembagian yang merata mengenai tugas yang diemban tiap relawan dan juga menampung saran yang relawan berikan untuk organisasi secara anonim. B) bagi masyarakat diharapkan dapat mempercayakan proses evakuasi kepada relawan agar tugas yang diemban dapat segera teratasi. C) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperbanyak responden penelitian agar hasil data yang diperoleh dapat signifikan dan dapat digeneralisasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/101239

Actions (login required)

View Item View Item