Persebaran rumah tangga miskin di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eka Norma Lilitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Persebaran rumah tangga miskin di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eka Norma Lilitasari

Lilitasari, Eka Norma (2018) Persebaran rumah tangga miskin di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Eka Norma Lilitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lilitasari Eka Norma. 2017. Persebaran Rumah Tangga Miskin di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Drs. Marhadi SK M.Si Kata Kunci kemiskinan profil kemisikan sebaran keruangan kemiskinan Salah satu persoalan klasik yang harus terus dibenahi adalah angka kemiskinan masyarakat kota khususnya Kota Malang. Kemiskinan di Kota Malang terbilang berkurang jika merujuk pada angka kemiskinan yang mengalami penurunan secara signifikan dari tahun 2010 sebesar 5 90 % menjadi 4 60% pada tahun 2015 namun begitu kenyataan dilapangan kurang sesuai dengan penurunan data kemiskinan yang ada. Terdapat ketidaksinkronan data kemiskinan antar SKPD terkait hal ini membuat upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Malang dirasa kurang tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil kemiskinan dari analisis karakteristik demografi karakteristik ekonomi dan karakteristik sosial. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui tingkat kemiskinan pada masing-masing Rukun Warga (RW) di Kelurahan Kotalama dan sebaran keruangannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Metode yang akan digunakan adalah metode survei. Metode ini digunakan untuk meninjau serta mengumpulkan data secara faktual. Pemilihan metode ini mengacu pada tujuan penelitian yang telah dipaparkan. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dengan menggunakan angket dan dokumentasi lapangan. Hasil data tersebut akan dianalisis dengan tabulasi tunggal sehingga menghasilkan data statistik dalam bentuk distribusi data dan persentase (%). Hasil analisis klasifikasi tingkat kemiskinan rumah di Kelurahan Kotalama sebesar 66% responden termasuk Rumah Tangga Miskin (RTM) dan 34% responden termasuk Rumah Tangga Hampir Miskin (RTHM). Untuk analisis tetangga terdekat (Nearest Neighbour Analysis) menunjukkan bahwa rumah tangga miskin di Kelurahan Kotalama mempunyai pola sebaran spasial mengelompok (clustered) dengan nilai Nearest Neighnour Analysis z-score -5 84. Pengelompokkan ini terdapat pada kawasan bantaran rel kereta api dan bantaran sungai. Rumah tangga miskin yang termasuk dalam kategori Rumah Tangga Miskin sebesar 66% dan sebesar 34% responden lainnya termasuk dalam kategori Rumah Tangga Hampir Miskin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100015

Actions (login required)

View Item View Item