Evaluasi faktor-faktor penyebab kemiskinan di Provinsi Jawa Timur tahun 2006-2015 / Akhmad Taufani Budiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi faktor-faktor penyebab kemiskinan di Provinsi Jawa Timur tahun 2006-2015 / Akhmad Taufani Budiman

Budiman, Akhmad Taufani (2018) Evaluasi faktor-faktor penyebab kemiskinan di Provinsi Jawa Timur tahun 2006-2015 / Akhmad Taufani Budiman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiman Akhmad Taufani 2017. Evaluasi Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2006-2015 . Skripsi. Jurusan Geografi. Program Studi Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Singgih Susilo M.S. M.Si M.Sos Drs. Djoko Soelistijo M.Si Kata Kunci Kemiskinan Regresi Data Panel SWP Kemiskinan merupakan masalah pokok dalam pembangunan disetiap Negara. Persoalan kemiskinan sering ditemukan di negara-negara berkembang seperti yang banyak terjadi di belahan dunia Asia. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia yang menghadapi polemik baik di bidang ekonomi sosial hukum politik maupun dibidang-bidang lainya. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga tak terlepas dari masalah kemiskinan tersebut Jawa Timur termasuk Provinsi dengan jumlah penduduk terbesar termiskin di Indonesia pada tahun 2015. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data pada Instansi Badan Pusat Statistik kemudian data diolah menggunakan regresi data panel berupa Times Series dari tahun 2006-2015 sebelum dilakukan regresi pada data maka harus ditentukan terlebih dahulu nilai OLS dan FEM guna menentukan apakah data bisa diolah secara regresi data panel atau tidak. Terdapat 3 variabel yang mempengaruhi kemiskinan yaitu jumlah penduduk IPM dan pendapatan perkapita. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan software Arcgis10.1 dan menentukan SWP sebagai regionalisasi dan kemudian dipaparkan menjadi sumber informasi berupa Peta. Hasil analisis yang di peroleh dari ketiga variabel yaitu jumlah penduduk IPM dan pendapatan perkapita. Dari ketiga variabel tersebut yang mempunyai pengaruh paling besar yaitu adalah variabel jumlah penduduk dan IPM untuk Pendapatan perkapita tidak memberikan pengaruh apapun terhadap kemiskinan di Jawa Timur hanya pendapatan perkapita yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Timur antara tahun 2016-2015. Faktor lain seperti jumlah penduduk dan IPM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penduduk miskin antar kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2006- 2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100009

Actions (login required)

View Item View Item