Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di MA Nurul Ulum Malang / Ahmad Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di MA Nurul Ulum Malang / Ahmad Yusuf

Yusuf, Ahmad (2017) Pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di MA Nurul Ulum Malang / Ahmad Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusuf Ahmad. 2016. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Di MA Nurul Ulum Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd . M.Si (2) Drs. Hendri Purwito M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran tidak terlepas dari peran guru serta model yang dipakai ketika memberikan pembelajaran. Model pembelajaran yang berkembang dewasa ini adalah model pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki berbagai model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Peneliti memilih model pembelajaran inkuiri terbimbing karena model ini memiliki berbagai kelebihan dan sintaknya sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa Kelas X MA Nurul Ulum. Rancangan penelitian ini adalah Pretest-Postest-Control Group Desingn yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Ulum Kota Malang dengan X2 sebagai kelas eksperimen dan X 3 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai yang didapatkan setelah diuji-t (sig. 2-tailed) adalah 0 000. Maka dapat disimpulkan bahwasannya Jika nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99955

Actions (login required)

View Item View Item