Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Jefri Firman Pranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Jefri Firman Pranata

Pranata, Jefri Firman (2017) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Jefri Firman Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pranata Jefri Firman. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigastion Kemampuan Berpikir Spasial Pembelajaran geografi dewasa ini menekankan pada kemampuan berpikir tingkat rendah. Berpikir tingkat rendah menekankan pada pengetahuan siswa seperti hapalan. Pembelajaran ini tidak melatih kemampuan berpikir keruangan siswa. Sesuai dengan karakteristik geografi yang mengedepankan berpikir keruangan maka dibutuhkan kemampuan berpikir spasial untuk mengkaji sebuah permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir spasial siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan rancangan posttest control group design. Subyek penelitian adalah kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IIS 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor nilai kemampuan berpikir spasial. Instrumen penelitian menggunakan 3 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.00 0.05 dan rata-rata nilai kelas eksperimen 82 36 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol 76 69. Maka H0 ditolak atau dengan kata lain model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Berdasarkan temuan penelitian saran yang diajukan model investigasi kelompok dapat mengasah kemampuan berpikir spasial siswa. Disarankan guru untuk menggunakan model investigasi kelompok. Penggunaan model investigasi kelompok sebaiknya digunakan pada kompetensi dasar yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99953

Actions (login required)

View Item View Item