Efektifitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas pola 5 semester di SMA Negeri 2 Malang / Arif Setyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas pola 5 semester di SMA Negeri 2 Malang / Arif Setyo Nugroho

Nugroho, Arif Setyo (2016) Efektifitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas pola 5 semester di SMA Negeri 2 Malang / Arif Setyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Arif Setyo. 2016.Efektifitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas Pola 5 Semester Di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci kelas pola 5 semester model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) hasil belajar. Siswa yang mempunyai kecerdasan lebih tinggi akan menerima manfaat lebih banyak dari pembelajaran kooperatif.Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD)merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mempunyai kelebihan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui rekognisi tim.Kemampuan intelektual siswa pada kelas pola 5 semester lebih tinggi jika dibandingkan kelas reguler. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini ingin mengetahui efektifitas model pembelajaran STADpada kelas pola 5 semester dilihat dari hasil belajar.Hasil belajar pada penelitian ini adalah nilai sikap pengetahuan serta keterampilan. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design dengan penerapan model pembelajaran sebanyak tiga kali. Satu kali penerapan model pembelajaran dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah kelas pola 5 semester di SMAN 2 Malang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1. Hasil belajar diperoleh melalui pengamatan langsung penugasan serta kuis yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai sikap pada penerapan pertama sebesar -11 53% penerapan kedua sebesar -26 2% dan penerapan ketiga sebesar -8 12%. Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai pengetahuan pada penerapan pertama sebesar -9 85% penerapan kedua sebesar 2 49% dan penerapan ketiga sebesar 4 76%. Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai keterampilan pada penerapan pertama sebesar 16 81% penerapan kedua sebesar -3 01% dan penerapan ketiga sebesar 5 89%.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan sedangkan pada aspek sikap masih belum menunjukkan adanya efektifitasdari penerapan model pembelajaran ini. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99930

Actions (login required)

View Item View Item