Persepsi Masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal anak di Desa Kedawang Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Aminul Khoir - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi Masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal anak di Desa Kedawang Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Aminul Khoir

Khoir, Aminul (2015) Persepsi Masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal anak di Desa Kedawang Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Aminul Khoir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoir Aminul. Persepsi Masyarakat Nelayan terhadap Pendidikan Formal Anak di Desa Kedawang Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budijanto M.Sos (II) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata kunci Masyarakat nelayan pendidikan formal Desa Kedawang sebagai salah satu desa di Kecamatan Nguling yang berada di kawasan pesisir yang memiliki keunikan dari segi kondisi sosial budaya. Mayoritas mata pencahariannya penduduk sebagai nelayan. Masyarakat nelayan Desa Kedawang mayoritas pendidikannya rendah. pendidikan rendah mempengaruhi alasan nelayan menentukan pendidikan untuk anak. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan pene itian tentang Persepsi Masyarakat Nelayan dalam Pendidikan Formal Anak di Daerah Pesisir Desa Kedawang Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan . Penelitian ini bertujuan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi nelayan terhadap pendidikan anak di Desa Kedawang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian berada di Desa Kedawang. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa Kedawang tokoh masyarakat serta beberapa masyarakat nelayan yang mempuyai anak usia sekolah. Sedangkan cara memperoleh data (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Dilakukan upaya pengecekan keabsahan data seperti triangulasi data Member check ketekunan pengamatan dan audit trail. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan kondisi sosial masyarakat nelayan meliputi meliputi cara berinteraksi dan karakteristik masyarakat seperti suka berkelompok pekerja keras kurang sadar lingkungan solidaritas yang tinggi memiliki sistem kekerabatan yang tinggi dan tingkat ketergantungan tinggi terhadap alam dan orang lain. Adapun hasil penelitian mengenai alasan masyarakat nelayan pendidikan formal anak menunjukkan respon positif yang ditunjukan oleh informan. Kesimpulan penelitian yaitu pembentukan persepsi terhadap pendidikan anak adalah faktor intern yaitu berdasarkan pengalaman orang tua yang notabennya berpendidikan rendah dan sikap orang tua terdiri dari (1) keterlibatan orang tua dalam pendikan anak meliputi a) keterbatasan pendidikan orang tua b) peran ibu dalam mengasuh anak tidak terlaksana kendala pekerjaan sebagai TKW 2) sikap orang tua terhadap keberlanjutan pendidikan anak dipengaruhi a) usaha preventif mencegah agar anak tidak berhenti sekolah b) pandangan masyarakat anak perempuan tidak perlu sekolah jenjang lebih tinggi (3) keterbatasan informasi yang diterima oleh orang tua terkai pendidikan. Faktor ektern meliputi (1) Ekonomi nelayan dipengaruhi oleh cuaca di ambang ketidakpastian dalam membiayai pendidikan (2) kebiasaan para nelayan dan para remaja meliputi a) kebiasan jagongan negatif dilakukan oleh nelayan dan para remaja yang berdampak tidak ada motivasi belajar dan minat untuk sekolah b) kebiasaan ikut nyelang dan andun dilakukan remaja berdampak tidak minat sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99923

Actions (login required)

View Item View Item