Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X sosial 2 SMAN 5 Malang / Vionita Firdausy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X sosial 2 SMAN 5 Malang / Vionita Firdausy

Firdausy, Vionita (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X sosial 2 SMAN 5 Malang / Vionita Firdausy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firdausy Vionita. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Sosial 2 SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fachan. M.Pd M.P (2) Drs. Budijanto M.Sos Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pemahaman Konsep 12288 12288 12288 12288 Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada saat peneliti melakukan observasi diketahui bahwa antusias belajar siswa pada kelas X Sosial 2 masih rendah ditandai dengan hanya terdapat beberapa siswa yang antusias dan aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kemudian rendahnya pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan terdapat 15 siswa yang tidak tuntas pada saat pelaksanaan ulangan harian dua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di kelas X SOSIAL 2 SMAN 5 Malang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini kelas X Sosial 2 sebanyak 30 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penerapan pembelajaran dalam riset ini berupa pembelajaran kooperati tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan berupa soal tes lembar observasi dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus 1 menjadi sangat baik pada siklus 2. Keterlaksanaan tindakan Jigsaw juga mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus 1 menjadi sangat baik pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe Jigsaw dalam penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dari kategori baik menjadi sangat baik. Keterlaksanaan tindakan Jigsaw juga mengalami peningkatan dan berjalan sangat baik. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu memberikan media pembelajaran berupa media video sebelum kegiatan diskusi agar kegiatan diskusi berjalan lebih lancar dan perlunya pengelolaan kelas yang lebih serta dekat dengan siswa agar pembentukan secara heterogen berjalan lebih lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99918

Actions (login required)

View Item View Item