Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar / Erlita Hidaya Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar / Erlita Hidaya Nikmah

Nikmah, Erlita Hidaya (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar / Erlita Hidaya Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD Keaktifan Hasil Belajar Guru merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Peran guru tersebut perlu ditingkatkan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Maka dari itu guru harus pandai mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara aktif (student centered) di dalam proses pembelajaran dan dapat menerapkan variasi model dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang berperan dalam meningkatkan kerjasama dan keterlibatan siswa secara aktif sehingga hasil belajar yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dan soal- soal tes yaitu prates dan pascates untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova satu jalur (One Way Anova) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji anova keaktifan siswa yang didapatkan nilai probabilitas sebesar p (0 031) 706 (0 05) yang berarti bahwa H0 ditolak sedangkan hasil uji anova hasil belajar (gain score) siswa yang didapatkan nilai probabilitas sebesar p (0 025) 706 (0 05) yang berarti bahwa H0 ditolak. Selain itu dilihat dari nilai keaktifan siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan model STAD lebih tinggi yaitu sebesar 64 97 dan kelas kontrol sebesar 61 69. Demikian pula nilai rata-rata hasil belajar (gain score) pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 26 38 dan kelas kontrol sebesar 20 11. Disarankan bagi guru geografi untuk membagi siswa dalam kelompok- kelompok secara heterogen sebelum kegiatan pembelajaran dimulai sehingga saat kegiatan pembelajaran waktu pelajaran tidak banyak yang tersita untuk pembentukan kelompok. Selain itu guru harus bisa mengendalikan kelas saat kegiatan kelompok agar siswa tidak gaduh di dalam kelas dengan cara mendekati siswa dalam kelompok-kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99900

Actions (login required)

View Item View Item