Efektivitas Pelaksanaan Diklat Pemandu Lapangan Agribisnis Tanaman Pangan Berbasis Kawasan Ditinjau Dari Kinerja Widyaisawara Di BDATPO Ketindan Lawang oleh Eka Nurmala Rakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas Pelaksanaan Diklat Pemandu Lapangan Agribisnis Tanaman Pangan Berbasis Kawasan Ditinjau Dari Kinerja Widyaisawara Di BDATPO Ketindan Lawang oleh Eka Nurmala Rakhman

Nurmala, Eka (2010) Efektivitas Pelaksanaan Diklat Pemandu Lapangan Agribisnis Tanaman Pangan Berbasis Kawasan Ditinjau Dari Kinerja Widyaisawara Di BDATPO Ketindan Lawang oleh Eka Nurmala Rakhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangasnu mberd ayam anusiad alam suatud iklat tidak luput dari peran sertaw idyaiswarad idalamnya.B erhasil tidaknya suatu diklat dapat dinilai dari kinerja widyaiswaray ang ada diantaranyam eliputi penguasaanm ateri penyajian materid anp engelolaakne laViklimb elajar. Berkaitan dengan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas pelaksanaan diklat pemandu lapangan agribisnis tanamanp anganb erbasisk awasand itinjau dari kinerja widyaiswara di BDATPO Ketindan Lawang . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaadni klat pmandu lapangana gribisnis tanamanp anganb erbasisk awasan ditinjaud arik inerjar vidyaisrvardai BDA IPO KetindanL awang. Penelitian ini diiakukan di Balai Diklat Agribisnis Tanaman Pangan dan TanamanO bat (BDA1 O) Ketindan Lawang tanggal 4-15 Mei 20M. Subyek penelitiana dalahp enyuluhp ertanlanl apanganp tugask ecamatan(m antan/K CD/ KepalaB tsP) PetugasP engamatH ama/Penyaki(t.P HP) dan Kasie (Staf Dinas) PertanianK abupatens ejumlah3 0 orang dan 5 orang widyaiswarad ari BDATPO KetindanM. etodey ang digunakand alam penelitian ini adalahd eskriptifk ualitatif. Insfrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan panduan observasDi.a tay angt erkumpuld ianalisisd enganm enggunakatne knik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan ( 1) penguasaanm ateri pelatihan oleh widyaisrvartac rmasukd alam kategori cukup efektif (2) kemampuanm enyajikan materi termasuk dalam kategori cukup efektif dan (3) kernampuan mengelola kelas/iklimb elajart ermasukd alarnk ategoric ukupe fektif. Berdasarkahna silp enelitianin i dapatd iajukanb eberapas arans ebagai benkut( l) rnateriC iklath endaknyad ibagikans ebelumk egiatanb elajarb erlangsung agarp esertdai dik dapatm empelajarinytae rlebihd ahulud anm empunyaki esiapan dalamm er erimma ateriy angd isajikan ( 2) metodep embelajarasne baiknyale bih bervariasui ntukm eningkatkanm otivasi pesertad an mengurangti ingkat kejenuhan dalamm enerimam ateriy angd isajikan s ehinggah asily angd iperolehd apat maksimald an( 3) sebelumrn aterid isajil anw idyaiswaras ebaiknyam enyampaikan tujuanp embelajarayna ngi ngin dicapai s ehinggad apatd iketahuis ejauhm anat ingkat keberhasilapnr osesb elaaj r me ngaaj r yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item