Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X A di SMAN 1 Gondanlegi / Nurmauladina Oktorina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X A di SMAN 1 Gondanlegi / Nurmauladina Oktorina

Oktorina, Nurmauladina (2011) Penerapan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X A di SMAN 1 Gondanlegi / Nurmauladina Oktorina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan Oktober 2010 dalam proses pembelajaran geografi di kelas XA SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu (1) Kemampuan siswa dalam pencapaian kompetensi pembelajaran menganalisis masih kurang dikarenakan metode yang dilakukan di dalam kelas monoton yng membuat siswa bosan sehingga hasil belajar rendah (2) Hasil belajar siswa masih rendah diketahui dari hasil analisis data hasil belajar pratindakan belum ada siswa yang mempunyai nilai dengan kriteria sangat baik kriteria nilai siswa yang terbanyak adalah baik 38% dan cukup 38% juga masih tedapat kriteria kurang dan sangat kurang bila dihubungkan dengan belajar tuntas ketuntasan belajar siswa masih rendah yaitu hanya 38% saja siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajar. (3) Dalam kegiatan diskusi kelompok yang selama ini dilakukan di dalam kelas cenderung gaduh dan tidak efektif dikarenakan anggota kelompok yang berlebihan (5-6 orang). Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dilakukan di kelas X A SMAN 1 Gondanglegi pada bulan Januari-Februari 2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar geografi siswa mengalami peningkatan. Siklus I hasil belajarnya sebagian besar baik yaitu 56% dari semua namun masih ada nilai sisiwa dengan kriteria kurang yaitu 32% dari semua siswa dan ketuntasan belajarnya mengalami peningkatan 59%. Siklus II hasil belajarnya mengalami peningkatan sebagian besar nilai siswa mendapat kriteria sangat baik yaitu 62% dari semua siswa 32% lainnya dengan kriteria baik dan untuk kategori kurang sudah tidak ada dalam hal ketuntasan belajar siklus II mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 94%. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Siswa dapat lebih siap untuk memperoleh pembelajaran bila LKS diberikan sebelum pembelajaran dimulai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Disarankan kepada para guru geografi untuk mencoba menerapkan model TPS agar kualitas pembelajaran geografi semakin meningkat dan memberikan tugas sebelum pembelajaran agar siswa lebih siap. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model tersebut di sekolah seperti media belajar geografi yang memadai dan menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99841

Actions (login required)

View Item View Item