Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / A. Fais Aziz Almarumi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / A. Fais Aziz Almarumi

Almarumi, A. Fais Aziz (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / A. Fais Aziz Almarumi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Group Investigation Hasil Belajar Pembelajaran merupakan kegiatan untuk membelajarkan siswa agar dapat belajar dengan baik sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan. Pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa mencari tahu dan berbuat adalah Group Investigation. Model pembelajaran ini dapat melatih siswa berpartisipasi dalam pengembangan sistem sosial dan secara bertahap dapat belajar menerapkan metode ilmiah. Pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation memungkinkan siswa menumbuhkan kemampuan berpikir. Keterlibatan berpikir siswa dapat terlihat mulai dari mengidentifikasi topik merencanakan tugas yang akan dipelajari melaksanakan investigasi menyiapkan laporan akhir mempresentasikan dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM pada konsep sumber daya alam. Penelitian ini dirancang dalam jenis eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples t- Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa (gain score) pada kelas eksperimen sebesar 29 89 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 24 22 dengan taraf signifikasi 5% atau tingkat kepercayaan 95% dapat dilihat nilai signifikansi sebesar 0 020 0 05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM terutama pada konsep sumber daya alam. Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebagai variasi model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut penelitian ini perlu dikembangkan terutama untuk materi selain permasalahan pemanfaatan sumber daya alam secara arif tetapi masih memiliki karakteristik yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99836

Actions (login required)

View Item View Item