Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang / Anna Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang / Anna Faizah

Faizah, Anna (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang / Anna Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar. Pembelajaran IPS geografi yang dilakukan di SMP Negeri 10 Malang memiliki Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 8805 66. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi SMP Negeri 10 Malang menunjukkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII H rendah yaitu sebesar 48% siswa. Ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai kurang dari 66 sebanyak 19 siswa dan siswa yang mendapat nilai 8805 66 sebanyak 21 siswa sehingga ketuntasan belajar siswa kelas VIII H masih rendah dalam pembelajaran geografi. Salah satu solusi yang dipergunakan dalam mengatasi permasalahan ini adalah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sebagaimana terjadi secara alami melalui pengumpulan data dan data alami. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada kompetensi mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 63 125 pada siklus 1 meningkat menjadi 71 425 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80 375. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 47% siswa siklus 1 sebesar 73% dan pada siklus 2 menjadi 90%. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru geografi dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan pengelolaan kelas yang baik agar menjadi lebih kondusif. Selain diharapkan bisa memanajemen waktu dan kesiapan untuk proses pembelajaran. Untuk penelitian lanjutan model ini perlu diterapkan pada kelas sekolah dan materi yang berbeda untuk dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99821

Actions (login required)

View Item View Item