Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar geografi siswa kelas I di SMU Negeri I Lawang oleh Ady Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar geografi siswa kelas I di SMU Negeri I Lawang oleh Ady Irawan

Irawan, Ady (2010) Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar geografi siswa kelas I di SMU Negeri I Lawang oleh Ady Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar verbalisme sering kita temukan pada sekolah tingkat SLTP maupun SLTA siswa hanya mengenalkata-katatetapi tidak memahami maksudnya sehingga tingkat kebermaknaan relatifkurang dan akan mempengaruhi hasil belajar. Untuk itu guru harus bisa memvariasikanp enggunaanm edia. Penggunaanm edia pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran geografi membutuhkan suafu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta menciptakan belajar bermakna bukan hafalan. Media peta konsep diduga sebagai media pembelajaran alternatif yang dapat mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara srswa yang diajar dengan menggunakan media peta konsep dan tidak menggunakan media peta konsep pada sub pokok bahasan Sumber Daya Manusia. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi Ada perbedaan hasil belajar geografi antara menggunakan mediap etak onsepd an tidak menggunakanm ediap etak onsepp adas iswak elasI di SMU Negeri I lawang. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen. Sampelp enelitiand ibagi menjadid ua yaitu kelompok eksperimend an kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen menggunakan media peta konsep sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media peta konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SMU Negeri I Lawang yang tersebar dalam l0 kelas dari l0 kelas diambil Jfiefas. 1 kelas sebagaki elas eksperimend an 1 kelas sebagaki elas konhol. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar geografi. Pengaruh tersebut bisa dilihat dari nilai ratarata kelas untuk kelas eksperimen 78 42 dan kelas konhol 70 42 sehingga terdapat peybedaanh asil belajar ge ografi padak edua kelompok. Setelahd ilalorkan uji t diperoleh t hitung 3 558 dan ttabel2 042 dengan taraf signifikan 5 %. Melihat t hitung lebih besar dari t tabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa a) nilai rata-rata kelas yang diajar dengan menggunakan media peta konsep adalah 78 42 b) nilai ratarata kelas yang tidak diajar dengan media peta konsep adalah70 42 c) Adanya perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan media peta konsep dan yang tidak menggrmakanm edia peta konsep membuktikan bahwa penggunaanm edia peta konsepd apatm eningkatkanh asil belajars iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99740

Actions (login required)

View Item View Item