Pengaruh penggunaan media peta terhadap prestasi belajar siswadalam mata pelajaran geografi di SMU Yayasan Pupuk Kalimantan (YPK) Bontang oleh Stephanus Suripto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media peta terhadap prestasi belajar siswadalam mata pelajaran geografi di SMU Yayasan Pupuk Kalimantan (YPK) Bontang oleh Stephanus Suripto

Suripto, Stephanus (2010) Pengaruh penggunaan media peta terhadap prestasi belajar siswadalam mata pelajaran geografi di SMU Yayasan Pupuk Kalimantan (YPK) Bontang oleh Stephanus Suripto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelalaragne ografis eringd ilakukand engan nggunutun komunikasvi erbal yangk urangm ampum eningkatkanp restasbi elajarg eografis iswa.D alam pembelajaran geografim edia peta merupakana lat bantu yang mempunyaip engaruhp ositif terhadap peningkatapnr estasbi elajarg eografis iswa.D alam pembelajaragne ografid i SMU YPK penggunaamne dia peta belum dimanfaatkans ecarao ptimal banyakd ilakukans ecara verbal. Tujuanp enelitianin i ingin mengetahupi engaruhp enggunaamn ediap etat erhadap prestasbi elajar siswa dalam mata pelajaran geografi dengan sub pokok bahasan keanekaavne getasi fauna. Penelitianin i menggunakanra ncangan model desainp enelitian EksperimenS emu (QuasiE xperiment)d enganm enggunakan2 kelas sampel yang dipilih secaraa cak sebagakie lase ksperimend ank elask ontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I SMU Yayasan Pupuk Kalltim semestenr 2002-2003 d an subyek dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Kelas lA dengajnu mlah 26 siswas ebagaki elase ksperimend an kelasI B denganju mlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajaran ini kelas eksperimen diajar dengan menggunakamne diap eta dan kelask ontrol tanpam enggunakanm ediap eta. Sebelum data dianalisis dilalcukan uji prasyarat menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitasd an uji homogenitas. Hasila nalisisd iperolehh argat hitung 5 19 t tabel- -2 01padat arafs ignifikansi 0 05s ehinggta h itung t tabeli ni berartia dap engaruhp enggunaamn ediap etat erhadap prestasbi elajard alam mata pelajarang eografid i SMU YPK Bontangs ub pokok bahasan keanekaavne getasif a una. Media Peta merupakan konsep dan hakekat dasar geografi dan pengajaran geografio leh karenai tu pembelajarang eografit idak dapath anyad iceramahkand itanyajawabkand and idiskusikanm elainkanh arusd itunjukkand an diperagakand enganm edia peta.O leh karenai tu diharapkana gar dalam pembelajarang eografi mengoptimalkan penggunaamne diap eta sesuaid engans ifat materi yang diajarkanp ada siswa k arena penggunaamne dia peta dapatm enarik perhatians iswa dan dapatm enimbulkanm otivasi belajar siswa dan bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya dapat lebih mudah dipahami dan memungkinkans iswa menguasatiu juan pengajarany ang lebih baik sehinggdaa patm empertinggpi restasbi elajars. iswa. I

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99736

Actions (login required)

View Item View Item