Penerapan model team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menganalisis aspek kependudukan kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo / Nila Kafiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menganalisis aspek kependudukan kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo / Nila Kafiana

Kafiana, Nila (2010) Penerapan model team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menganalisis aspek kependudukan kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo / Nila Kafiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kafiana Nila. 2009. Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menganalisis Aspek Kependudukan Kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Budi Handoyo M.Si. (II) Drs. Mustofa. Kata kunci Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo diketahui bahwa model yang diterapkan belum bervariasi adanya anggapan siswa bahwa pelajaran geografi kurang menarik siswa dengan karakteristik yang sama cenderung mengelompok sehingga terbentuk kelompok homogen tidak ada penghargaan kelompok siswa tidak berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya kemampuan individu belum dioptimalkan dan kemampuan akademik sangat heterogen serta kemampuan siswa dalam menganalisis masih kurang sehingga hasil belajar siswa kurang optimal dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Hal itu terlihat dari rata-rata nilai hasil ulangan sebelumnya (64.65) yang kurang dari SKM yang ditentukan sebesar 70 dan ketuntasan klasikal (47.5%) juga belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu 85%. Pembelajaran di kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) agar pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menganalisis aspek kependudukan kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar sebelum tindakan 64.65 meningkat pada siklus I menjadi 69.4 dan pada siklus II menjadi 76 475. Ketuntasan klasikal juga meningkat pada pra tindakan 47.5% meningkat pada siklus I menjadi 65% dan pada siklus II menjadi 87 5%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan kelas XI IPS 2 MAN 2 Ponorogo. Disarankan bagi guru geografi MAN 2 Ponorogo untuk menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada kompetensi dasar menganalisis aspek kependudukan dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) untuk memperbaiki kualitas pembelajaran pada kompetensi yang berbeda dan aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99705

Actions (login required)

View Item View Item