Peningkatan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan hidup dengan metode pembelajaran problem solving yang kontekstual pada kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo / Miftakhul Ardiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan hidup dengan metode pembelajaran problem solving yang kontekstual pada kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo / Miftakhul Ardiyanti

Ardiyanti, Miftakhul (2010) Peningkatan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan hidup dengan metode pembelajaran problem solving yang kontekstual pada kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo / Miftakhul Ardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiyanti Miftakhul. 2008. Peningkatan pemahaman siswa terhadap Permasalahan Lingkungan Hidup dengan Metode Pembelajaran Problem Solving yang Kontekstual pada Kelas XI-IPS Di SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. M.P (2) Dra. Yuswanti Ariani M.Si. Kata Kunci Metode Problem Solving yang Kontekstual Pemahaman Siswa. Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 12 dan 15 Februari 2008 di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Porong diketahui bahwa sebagian besar siswa mengatakan bahwa mata pelajaran geografi membosankan karena terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan (banyak hafalan) mereka kurang memahami manfaat pelajaran geografi bagi kehidupan nyata serta jarang melakukan observasi keluar kelas. Indikasi kuat yang melatarbelakangi kesulitan siswa untuk memahami secara mendalam konsep akademik yang diajarkan antara lain karena kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geografi. Untuk mengatasi permasalahan kualitas pembelajaran akibat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran geografi maka disusunlah pembelajaran Geografi dengan mengimplementasikan metode pembelajaran problem solving yang kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah dengan metode pembelajaran problem solving yang kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan hidup kelas XI IPS di SMA Negeri I Porong Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas belajar siswa nilai hasil diskusi siswa dan nilai hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan kemudian nilai hasil diskusi siswa diukur berdasarkan skor perolehan nilai hasil diskusi sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan nilai hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi aktivitas belajar siswa dan catatan lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode problem solving yang bersifat kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap permasalahan lingkungan kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Porong ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari 60 09% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 81 58 (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil diskusi siswa dapat diketahui dari rata-rata skor nilai hasil diskusi siswa sebesar 65 58 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 77 17 (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata nilai tes pada tiap akhir siklus sebesar 69 26 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 79 2 (baik) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99677

Actions (login required)

View Item View Item