Evaluasi penerapan model sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat SD (studi kasus di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto) / Rika Yuni Antin - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penerapan model sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat SD (studi kasus di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto) / Rika Yuni Antin

Antin, Rika Yuni (2010) Evaluasi penerapan model sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat SD (studi kasus di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto) / Rika Yuni Antin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antin Rika Yuni. 2008. Evaluasi Penerapan Model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tingkat SD (Studi Kasus di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto). Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. Budi Handoyo M.Si. Kata kunci Evaluasi Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Pendidikan Lingkungan Hidup perlu ditanamkan sejak dini mulai dari tingkat SD agar dapat merubah sikap dan perilaku siswa maupun masyarakat pada umumnya terhadap lingkungan di sekitarnya. Ada beberapa SD di Jawa Timur yang telah menerapkan model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan tingkat SD sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Tim Penilai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yaitu SDN Tunjungsekar I Malang SDN Sumbersono Mojokerto SDN Kampung Dalem I Tulungagung dan SD Katolik ST Theresia Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan variasi model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di perkotaan dan pedesaan serta untuk mengetahui kesesuaian hasil penerapan model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan pelaksanaannya di lapangan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksploratif yang dilakukan mulai bulan Mei-Juni 2008. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang ditujukan kepada guru siswa dan petugas kebersihan sekolah. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SDN Tunjungsekar I Malang dan SDN Sumbersono Mojokerto telah sesuai dengan kriteria Tim Penilai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Dilihat dari aspek pengembangan kurikulum model pembelajaran PLH di SDN Tunjungsekar I Malang dilakukan secara integrasi sedangkan di SDN Sumbersono Mojokerto dilakukan secara integrasi dan monolitik. Dilihat dari kegiatan partisipatif yang peduli dan berbudaya lingkungan warga SDN Tunjungsekar I Malang lebih peduli terhadap lingkungan sekolah daripada warga SDN Sumbersono. Dilihat dari pengembangan dan pengelolaan sarana prasarana sekolah secara umum kedua sekolah memiliki bangunan fisik yang baik ruangan-ruangan di sekolah yang bersih dan terawat kantin yang terpisah dan sarana pengolahan sampah yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan bagi sekolah yang telah menerapkan model Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan ini agar lebih mengembangkan dan memperbaiki kebijakan. Misalnya dengan mengenalkan konsep konsevasi flora pada siswa dan mengembangkan bahan ajar PLH seperti potensi lingkungan industri potensi fisik sosial serta hasil pertanian. Kondisi sarana dan prasarana di SDN Sumbersono Mojokerto perlu dilakukan pengembangan dan pengelolaan yang lebih baik agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi guru yang mengajarkan materi PLH diharapkan agar lebih mengembangkan materi metode dan media pembelajaran PLH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99676

Actions (login required)

View Item View Item