Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPA-2 semester 2 SMA Negeri 1 Sampang pada pokok bahasan persebaran sumber daya alam dan pemanfaatannya / Dimas Bayu Perdana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPA-2 semester 2 SMA Negeri 1 Sampang pada pokok bahasan persebaran sumber daya alam dan pemanfaatannya / Dimas Bayu Perdana Putra

Putra, Dimas Bayu Perdana (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IPA-2 semester 2 SMA Negeri 1 Sampang pada pokok bahasan persebaran sumber daya alam dan pemanfaatannya / Dimas Bayu Perdana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 20 dan 30 desember 2007 di kelas XI IPA-2 SMU Negeri I Sampang diketahui bahwa sebagagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru sedang siswa hanya duduk mendengar dan mencatat sehingga siswa terlihat kurang aktif dan kurang kerjasama dalam kegiatan pembelajaran karena jarang diberikan model-model pembelajaran terbaru dalam kegiatan pembelajaran dan juga guru cenderung menggunakan metode ceramah di dalam kegiatan pembelajaran dan masih banyak juga siswa yang hasil belajarnya belum tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar geografi siswa XI IPA-2 semester 2 SMA negeri I sampang pada pokok bahasan persebaran sumber daya alam dan pemanfaatannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subyek penelitian yang digunakan adalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI IPA-2 semester genap tahun ajaran 2006-2007 SMU Negeri I Sampang yang berjumlah 43 siswa terdiri 19 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kerjasama dan hasil belajar siswa. Kerjasama siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata presentase kerjasama siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih pre- tes dan pos tes serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi kerjasama siswa dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa XI IPA-2 SMU Negeri Sampang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata presentase kerjasama siswa dan keberhasilan tindakan dari 53 84 (kurang) pada siklus I meningkat menjadi 79 95 (baik) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata selisih skor pre-tes dan pos tes sebesar 18 14 pada siklus I meningkat menjadi 21 12 pada siklus II sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64 11% kemudian meningkat lagi menjadi 92 31% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99671

Actions (login required)

View Item View Item