Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang / Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang / Fatmawati

Fatmawati (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang / Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian bahwa umumnya guru geografi masih mengutamakan ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran. Observasi yang dilakukan dengan metode ceramah didapatkan hasil belajar siswa menjadi rendah ketuntasan belajar rendah dan aktivitas siswa kebanyakan pasif. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Penelitian ini mencoba keefektifan dari pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran dalam model GI ini tidak hanya guru yang berperan aktif di dalam kelas melainkan terjadi interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa secara aktif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif model GI dalam pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2007/2008 pada bulan Oktober-November 2007. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang dengan jumlah siswa 17. Rancangan penelitian ini disusun dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model GI mampu meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 87% meningkat pada siklus 2 menjadi 92% dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 72 88 meningkat pada siklus II menjadi 81 82. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model GI dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya di SMA Muhammadiyah 2 Malang. Disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan model GI dalam pembelajaran geografi sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99668

Actions (login required)

View Item View Item