Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa kelas VIIIA SMPN 8 Pamekasan / Luluk - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa kelas VIIIA SMPN 8 Pamekasan / Luluk

Luluk (2008) Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa kelas VIIIA SMPN 8 Pamekasan / Luluk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode diskusi merupakan salah satu alternatif yang memungkinkan siswa untuk menguasai konsep atau memecahkan suatu masalah melalui proses berpikir berinteraksi sosial berlatih bersikap positif dan membina kemampuan berkomunikasi termasuk di dalamnya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dalam pembelajaran Geografi siswa bukan hanya dituntut untuk sekedar memahami konsep-konsep geografi tetapi juga dapat mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Metode diskusi dapat menjadikan siswa lebih mandiri dan berfikir kritis. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul yaitu Apakah metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIIIA SMPN 8 Pamekasan Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian diambil dengan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui informasi tentang strategi pembelajaran pendekatan pembelajaran hasil belajar siswa motivasi belajar siswa tingkah laku siswa yang diadakan sebelum dan sesudah penelitian metode observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama kegiatan berlangsung dan metode tes untuk mengetahui hasil siswa berupa ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode diskusi. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan metode diskusi dari siklus I sampai siklus III yaitu siswa yang aktif pada siklus I sebesar 71 43% siklus II sebesar 79 17% siklus III sebesar 82 74% dan jumlah rata-rata aktivitas aktif siswa sebesar 77 78% sedangkan jumlah rata-rata siswa yang pasif adalah sebesar 22 22%. Sehingga hal ini mengindikasikan bahwa penerapan metode diskusi pokok bahasan lingkungan hidup dan pelestariannya pada kelas VIIIA SMPN 8 Pamekasan telah mencapai kategori aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99656

Actions (login required)

View Item View Item