Pemetaan sarana fisik dan guru sekolah dasar di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Hendrik Dwi Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan sarana fisik dan guru sekolah dasar di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Hendrik Dwi Saputro

Hendrik Dwi Saputro (2009) Pemetaan sarana fisik dan guru sekolah dasar di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Hendrik Dwi Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarana pendidikan memegang peranan peranan penting sehingga penyediaan sarana pendidikan diperlukan untuk tujuan pelaksanaan pendidikan seefektif mungkin. Pendidikan tersebut diatur dalam ruang dengan menggunakan sarana seperti ruang belajar atau gedung guru dan perabot lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana fisik sekolah dasar di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo dan mengetahui kondisi guru sekolah dasar tersebut. Penelitian tentang Kondisi Sarana Fisik dan Guru Sekolah Dasar ini merupakan penelitian survey data diambil dengan sensus pada masing-masing sekolah yang ada.Untuk mengetahui kondisi sarana fisik digunakan metode prosentase tabulasi di dasarkan pada kriteria standar pelayananan minimal dari Bapeda kabupaten Ponorogo 2006 dengan asumsi kondisi sarana fisik sangat baik atau bangunan 100% masih utuh kondisi sarana fisik baik atau bangunan masih 75 % (yang rusak hanya bagian atapnya) kondisi sarana fisik cukup atau bangunan masih 50% (yang rusak pintu jendela dan atap) kondisi sarana fisik kurang atau bangunan masih 25% (tinggal pondasi dan dinding) dan kondisi sarana fisik sangat kurang atau bangunan masih 10% (tinggal pondasi). Sedangkan untuk mengetahui kondisi guru diasumsikan bahwa sekolah dasar yang mempunyai jumlah guru dibawah 6 berarti kurang dan sekolah dasar yang mempunyai guru 6 keatas berarti cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2006 terdapat 29 Sekolah Dasar dengan kondisi yang berbeda-beda. Pada sarana ruang kelas terdapat 3 sekolah dengan kondisi kurang 10 sekolah dengan kondisi cukup 4 sekolah dengan kondisi baik dan sekolah yang lain kondisinya ruang kelasnya sangat baik. Sarana ruang guru untuk semua sekolah dasar dalam kondisi baik dan sarana ruang labotatorium belum ada pada semua sekolah dasar. Ruang perpustakaan hanya dimiliki oleh 3 sekolah namun untuk lapangan olah raga dalam kondisi baik pada semua sekolah dasar. Sarana pendukung kamar mandi/WC kondisinya cukup dan hanya 1 sekolah yang belum mempunyai kamar mandi dan WC. Sedangkan kondisi guru pada semua sekolah dasar adalah cukup. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Ponorogo hendaknya segera mengambil kebijakan berhubungan dengan pembangunan ruang baru rehabilitasi ruang atau gedung yang mengalami kerusakan serta peningkatan kuantitas guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99649

Actions (login required)

View Item View Item