Hubungan antara dukungan suami terhadap keberhasilan pemberian ASI eksklusif di Kelurahan Temas Kota Batu / Farah Nur Aini

Aini, Farah Nur (2019) Hubungan antara dukungan suami terhadap keberhasilan pemberian ASI eksklusif di Kelurahan Temas Kota Batu / Farah Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Aini, Farah Nur. 2018. Hubungan Antara Dukungan Suami terhadap Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Temas Kota Batu. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. dr. H. Moch. Yunus, M.Kes., (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes. Kata Kunci: dukungan suami, keberhasilan, ASI eksklusif. Betapa pentingnya air susu ibu (ASI) dalam kehidupan sang bayi sejak pertama dia lahir hingga di enam bulan berikutnya. ASI mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh bayi, antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin, bahkan enzim. Ibu juga mendapatkan manfaat dari pemberian ASI ini, diantaranya adalah dapat mengurangi kejenuhan atau stres, menurunkan berat badan, meningkatkan ikatan emosional antara ibu dengan anak, dan sebagai KB alami. Namun proses menyusui tidaklah mudah sebab ada masa-masa dimana ibu sulit untuk memproduksi ASInya, bahkan sakit saat mengeluarkan air susu, ataupun merasa kelelahan. Karenanya dukungan orang terdekat ibu yaitu suami sangat besar, suami memberikan dampak yang luar biasa terhadap keberhasilan ibu dalam memberikan ASI secara eksklusif. Selain kesadaran ibu dalam memberikan ASInya secara eksklusif, suami juga harus bisa membangun suasana yang positif demi kelancaran menyusui. Banyak yang bisa dilakukan suami agar ibu merasa nyaman, seperti ikut memberikan informasi mengenai ASI, memandikan bayi, mengajak bermain bayi, serta menemani saat ibu sedang menyusui. Menyusui tidak hanya melelahkan secara fisik tetapi secara emosional juga. Maka dari itu peran suami sangatlah penting bagi kelancaran pemberian ASI secara eksklusif minimal dilakukan enam bulan, seperti yang disarankan oleh organisasi internasional World Health Organization (WHO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami terhadap keberhasilan pemberian ASI di Kelurahan Temas Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan sebanyak 69 ibu-ibu yang memiliki bayi berusia 7-8 bulan dengan memberikan ASI secara eksklusif di Kelurahan Temas Kota Batu. Jumlah sampel yang diperoleh terdapat 32 ibu-ibu, dikarenakan penentuan sampel ini menggunakan tehnik sampel insidental dimana peneliti hanya akan mengambil responden yang hanya datang ke posyandu saja saat pembagian kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, dengan variabel bebas adalah dukungan suami serta variabel terikat adalah keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan suami terhadap keberhasilan pemberian ASI eksklusif di Kelurahan Temas Kota Batu. Adapun saran bagi para suami yang akan atau mempunyai bayi untuk dapat meningkatkan wawasan mengenai pentingnya pemberian ASI secara eksklusif, dan dapat memberikan dukungan yang positif terhadap istri supaya pemberian ASInya semakin lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99639

Actions (login required)

View Item View Item