Hubungan kesadaran merek dan citra merek dengan loyalitas pasien Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Kota Malang / Silmy Marintan

Marintan, Silmy (2018) Hubungan kesadaran merek dan citra merek dengan loyalitas pasien Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Kota Malang / Silmy Marintan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marintan Silmy. 2018. Hubungan Kesadaran Merek dan Citra Merek dengan Loyalitas Pasien Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Kota Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Nurnaningsih Herya Ulfah SKM. M.Kes. Kata Kunci kesadaran merek citra merek loyalitas pasien Berdasarkan jenis layanan rumah sakit dihadapkan pada peningkatan dan pertumbuhan rumah sakit khususnya pada layanan kesehatan ibu dan anak. Jumlah rumah sakit tersebut memperlihatkan persaingan yang terjadi antar rumah sakit karena semakin banyak pilihan bagi konsumen/pasien. Salah satu upaya rumah sakit dalam membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan membangun merek yang kuat/ekuitas merek. Kunci pokok penciptaan ekuitas merek adalah pengetahuan merek yang terdiri atas kesadaran merek dan citra merek. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan kesadaran merek dan citra merek dengan loyalitas pasien poliklinik KIA di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan observasional analitik dengan rancangan crosssectional yang bersifat kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 95 responden diambil dengan menggunakan teknik purpossive sampling yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan menggunakan chi square dan analisis regresi logistik. Pada hasil analisis koelasi chi square pada variabel kesadaran merek didapatkan X2hitung (5 278) 8805 X2tabel (df 1 0 05) (3 841) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kesadaran merek dengan loyalitas pasien polikinik KIA di RSIA Muhammadiyah Kota Malang. Pada variabel citra merek didapatkan X2hitung (15 529) 8805 X2tabel (df 1 0 05) (3 841) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel citra merek dengan loyalitas pasien polikinik KIA di RSIA Muhammadiyah Kota Malang. Pada hasil analisis regresi logistik berganda variabel kesadaran merek didapatkan p-value sebesar 0 048 ( 945 0 05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kesadaran merek dengan loyalitas pasien polikinik KIA di RSIA Muhammadiyah Kota Malang. Pada variabel citra merek didapatkan p-value sebesar 0 001 ( 945 0 05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel citra merek dengan loyalitas pasien polikinik KIA di RSIA Muhammadiyah Kota Malang. Koefisien determinasi sebesar 0 232 menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek dan citra merek berkontribusi sebesar 23 2% terhadap loyalitas pasien poliklinik KIA di RSIA Muhammadiyah Kota Malang sedangkan sisanya di jelaskan oleh variabel-variabel di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99636

Actions (login required)

View Item View Item