Persepsi kualitas, loyalitas merek, dan loyalitas pasien poliklinik kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadyah Kota Malang / Afifah

Afifah (2018) Persepsi kualitas, loyalitas merek, dan loyalitas pasien poliklinik kesehatan ibu dan anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadyah Kota Malang / Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah. 2018. Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, dan Loyalitas Pasien Poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Roesdiyanto, M.Kes., (II) Nurnaningsih Herya Ulfah, S.KM., M.Kes. Kata Kunci: persepsi kualitas, loyalitas merek, loyalitas pasien Berkembangnya bisnis rumah sakit memberikan banyak alternatif bagi pasien untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan harapan (Nugroho & Rochmah, 2013:147). Rumah sakit yang memiliki ekuitas merek yang kuat lebih mudah memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai dengan persepsi pelanggan (Nurulaini, 2010:3). Kunjungan pasien pada Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah adalah terendah dari poliklinik yang lain. Menurut penelitian Nurulaini (2010:88) salah satu penyebab menurunnya angka kunjungan adalah lemahnya ekuitas merek dan kontribusi terbesar adalah loyalitas merek dan persepsi kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi kualitas, loyalitas merek, dan loyalitas pasien Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada 95 pasien yang telah berkunjung untuk memanfaatkan poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah Kota Malang dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan metode self-administered questionnaire. Analisis data menggunakan analisis univariat dilanjutkan dengan analisis tabel silang antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 80,0% menyatakan persepsi kualitas Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah dalam kategori baik, namun dalam atribut empati sebesar 11,6% responden menyatakan petugas tidak mempunyai waktu untuk berkomunikasi dengan pasien. Sebesar 53,7% responden menyatakan loyalitas merek Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah dalam kategori baik, namun sebesar 29,5% responden menyatakan tidak setuju pada pernyataan menyukai poliklinik KIA karena simbol yang dimiliki RSIA Muhammadiyah yang merupakan kategori liking the brand. Tingkatan loyalitas merek berdasarkan piramida tingkatan loyalitas merek Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah tertinggi yaitu 94% dalam kategori satisfied buyer dan terendah yaitu 17,0% dalam kategori switcher buyer. Sebesar 55,8% responden menyatakan loyalitas pasien Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah mayoritas dalam kategori baik, akan tetapi sebesar 37,9% responden menyatakan tidak setuju untuk menolak tawaran dari rumah sakit lain dan akan tetap memilih Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas, loyalitas merek, dan loyalitas pasien Poliklinik KIA RSIA Muhammadiyah dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99633

Actions (login required)

View Item View Item