Pengaruh media promosi kesehatan melalui gerak dan lagu cuci tangan terhadap peningkatan praktik cuci tangan pada siswa SD 'Aisyiyah Kota Malang / Nadiya Istighfaara

Istighfaara, Nadiya (2018) Pengaruh media promosi kesehatan melalui gerak dan lagu cuci tangan terhadap peningkatan praktik cuci tangan pada siswa SD 'Aisyiyah Kota Malang / Nadiya Istighfaara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istighfaara, Nadiya. 2017. Pengaruh Media Promosi Kesehatan Melalui Gerak dan Lagu Cuci Tangan terhadap Perubahan Praktik Cuci Tangan di Sekolah pada Siswa SD ‘Aisyiyah Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) dr. Desi Ariwinanti, M.PH. Kata kunci: media promosi kesehatan, gerak dan lagu, cuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan kesehatan. Mencuci tangan adalah proses melepaskan kotoran dari kulit tangan dengan menggunakan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit. Kebiasaan mencuci tangan mampu menurunkan terjadinya diare hingga 50%, mencuci tangan juga bisa mencegah penyakit infeksi kulit, mata, cacing yang tinggal di dalam usus, SARS dan flu burung. Penelitian tentang kebijakan kesehatan yang dilakukan oleh Bank Dunia (2013) menunjukkan bahwa pencegahan penyakit melalui cuci tangan kurang dipromosikan dan akibat dari kurang dipromosikan tersebut, penduduk Indonesia yang bisa melakukan praktik cuci tangan secara benar hanya 47%. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh media promosi kesehatan lagu dan gerak cuci tangan terhadap perubahan praktik cuci tangan di sekolah. Jenis penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik sampling adalah total sampling dengan sampel 34 siswa SD ‘Aisyiyah Kota Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi checklist. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh media promosi kesehatan melalui gerak dan lagu cuci tangan terhadap praktik cuci tangan di sekolah, dengan nilai p = 0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99623

Actions (login required)

View Item View Item