Pengembangan booklet sebagai media promosi kesehatan tentang pemberian ASI eksklusif di posyandu balita RW 5 Kelurahan Temas Kota Batu / Muhammad Hardiansyah

Hardiansyah, Muhammad (2018) Pengembangan booklet sebagai media promosi kesehatan tentang pemberian ASI eksklusif di posyandu balita RW 5 Kelurahan Temas Kota Batu / Muhammad Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardiansyah, Muhammad. 2017. Pengembangan Booklet sebagai Media Promosi Kesehatan tentang Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Balita RW 5 Kelurahan Temas Kota Batu. Skripsi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes., (II) drg. Rara Warih Gayatri, M.PH. Kata Kunci: booklet, media promosi kesehatan, ASI eksklusif. Pemerintah dan organisasi Internasional World Health Organization (WHO) sepakat untuk memberi rekomendasi agar ASI eksklusif diberikan sampai usia 6 bulan tanpa disertai makanan pendamping. Survei yang pernah dilakukan di RW 5 Kelurahan Temas terdapat 69% dari 103 ibu-ibu memberikan makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI).Namun hal ini tidak didukung dengan ketersediaan media informasi yang praktis dan memadai, sehingga perlu dilakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk berupa media promosi kesehatan yang lebih praktis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media berupa booklet tentang ASI eksklusif yang layak dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya peserta posyandu RW 5 Kelurahan Temas Kota Batu. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 10 tahap yang diadopsi dari model prosedural oleh Sugiyono dan berorientasi pada produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil produk dari penelitian dan pengembangan ini berupa booklet yang berjudul“Ayo Berikan ASI Eksklusif”. Booklet tersebut berisi materi mengenai gizi bagi ibu hamil, pengenalan ASI eksklusif, pentingnya ASI eksklusif 6 bulan pertama, aneka posisi menyusui, cara memerah ASI. dan penyebab ASI tidak keluar serta beberapa tips agar produksi ASI menjadi lancar. Booklet yang berukuran A5 (14,8cm×21cm) dicetak menggunakan kertas art paper sehingga tidak mengurangi kualitas warna pada hasil cetakan. Penilaian oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil persentase sebesar 93% dan 87% yang merupakan kategori sangat layak. Demikian juga dengan penilaian pada saat uji kelompok kecil dan kelompok besar yang menunjukkan hasil persentase sebesar 93% dan 87% yang dikategorikan sangat layak. Terdapat saran perbaikan pada masing-masing tahapan yang kemudian menjadikan booklet lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran. Belum diketahui mengenai pengaruh dan uji efektivitas dari booklet “Ayo Berikan ASI Eksklusif” terhadap peningkatan pengetahuan ibu-ibu, maka dari itu perlu adanya penelitian lanjutan terkait hal tersebut. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pengalaman dan budaya pada status paritas yang berbeda terhadap pengeluaran ASI, juga perlunya intervensi yang ramah budaya dan praktis yang dapat digunakan oleh ibu untuk meningkatkan pengeluaran ASI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99622

Actions (login required)

View Item View Item